Senin, Oktober 14

Jakarta

Viral di media sosial tentang pola makan Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah mencampurkan makanan hewan darat dan laut. Ini fakta sebenarnya!

Sebagai tauladan besar umat muslim, Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kebaikan. Tak hanya soal ibadah kepada Allah SWT, tetapi juga tentang gaya hidup keseharian, termasuk pola makan.

Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang sederhana dan sehat. Pilihan makanannya, mulai dari semangka, kurma, susu, hingga air nabeez yang dikonsumsi secara tidak berlebihan.


Namun, ramai disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk tidak mencampurkan makanan hewan darat dan laut. Artikel dengan narasi tersebut pun ramai dibagikan ulang di media sosial.

1. Tidak mencampurkan makanan

Pola makan sehat Foto: iStock

Dalam artikel itu dinarasikan, sebagai berikut:

“Insya Allah kalau anda ikut diet Rasulullah ini, anda tidak akan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan.

Jangan makan SUSU bersama DAGING
Jangan makan DAGING bersama IKAN
Jangan makan IKAN bersama SUSU
Jangan makan AYAM bersama SUSU
Jangan makan IKAN bersama TELUR
Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
Jangan makan SUSU bersama CUKA
Jangan makan BUAH bersama SUSU: contoh COCKTAIL

Dalam kita juga melarang kita makan makanan darat bercampur makanan laut. Rasulullah SAW pernah mencegah makan ikan bersama susu karena dapat menyebabkan penyakit.

Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dicampur akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus kita,”.

2. Tidak sesuai dengan hadis

Namun, artikel tersebut dapat dipastikan adalah hoax. Pasalnya tidak ada satupun hadits, bahkan hadits dhaif sekalipun mengenai hal tersebut. Jadi, tidak layak dinisbatkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari Muslim.or.id (07/12/17) Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajiid menjelaskan bahwa tidak ada riwayat Rasulullah SAW bahwa beliau melarang makan ikan dan minum susu bersamaan.

“Jika tidak ada riwayatnya, maka dikembalikan masalah ini kepada dokter atau ahli kesehatan,” tuturnya.

Penjelasan tentang pola makan Nabi Muhammad SAW ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Video: Yang Spesial dari Bakmi Jawa Solo Pak Eko
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version