Senin, September 30


Jakarta

Menyantap makanan halal wajib hukumnya untuk Muslim. Tapi adakah buah segar yang tergolong haram untuk dimakan umat Muslim?

Seluruh umat Muslim wajib mengikuti aturan dan ajaran yang berlaku dalam agama Islam. Salah satunya memenui perintah Allah SWT untuk menghindari makanan dan minuman yang diharamkan dalam agama Islam.

Makanan haram adalah makanan yang dilarang oleh syariat Islam untuk dikonsumsi oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.


Mengutip dari buku Sembuh Total dengan Wirid Husna karya Rizem Aizid, apabila seorang hamba tetap memaksakan diri memakan barang haram tersebut, maka ia tidak akan mendapat rida Allah SWT. Sebaliknya, ia akan mendapat azab dan dosa dari-Nya.

Apa Ada Buah Segar yang Haram Dimakan oleh Muslim? Foto: Ilustrasi iStock

Tentunya penting bagi umat Muslim untuk selalu mengecek kehalalan makanan dan minuman sebelum dimakan. Tapi bagaimana dengan buah? Apakah ada buah yang diharamkan dalam agama Islam?

Dilansir dari situs Arabian Tounge (20/06), rupanya tidak ada larangan khusus yang mengharamkan umat Islam menyantap buah-buahan tertentu. Secara garis besar, buah dianggap sebagai makanan yang halal untuk dikonsumsi.

Akan tetapi ada beberapa buah yang diharamkan yang perlu diperhatikan. Hal pertama adalah apakah buat tersebut beracun atau tidak.

Apa Ada Buah Segar yang Haram Dimakan oleh Muslim? Foto: Ilustrasi iStock

Jika buah yang dikonsumsi memang berbahaya atau mengandung racun yang bisa berakibat fatal pada tubuh, maka buah tersebut dianggap haram untuk dimakan.

Lalu jika buah terkontaminasi misalnya dengan bakteri atau kotoran (najis), maka buah tersebut tidak layak dikonsumsi dan bisa menjadi haram jika tetap dikonsumsi. Penting untuk memastikan bahwa buah-buahan yang akan dimakan dalam kondisi bersih serta bebas dari kotoran.

Ketiga, selalu biasakan untuk mengucapkan “Bismillah” sebelum menyantap makanan apapun. Lupa membaca ‘Bismillah’ sebelum makan memang tidak akan membuat makanan tersebut menjadi haram, namun ajaran ini dianjurkan di dalam agama Islam.

Apa Ada Buah Segar yang Haram Dimakan oleh Muslim? Foto: Ilustrasi iStock

Penting untuk diingat bahwa semua makanan menurut ajaran Islam bisa dianggap halal, kecuali ada bukti jelas yang menunjukkan bahwa makanan itu haram. Misalnya makanan-makanan yang akan disantap mengandung bahan makanan yang diharamkan dalam Islam.

Seperti yang diketahui untuk makanan yang haram di Islam, kategorinya terbagi dalam beberapa bagian. Ada makanan haram yang berasal dari hewan yang bisa hidup di darat dan air, daging dan lemak babi, lalu ada juga makanan yang diharamkan karena berasal dari bangkai sampai darah hewan.

Oleh karena itu, sebagian besar buah-buahan dianggap aman dan boleh dikonsumsi oleh umat Islam.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version