Kamis, Oktober 17

Jakarta

Google mulai menyebar pembaruan Android 15 untuk deretan perangkat Pixel, lengkap dengan sejumlah fitur yang dirilis lewat “Pixel feature drop”.

Dalam pembaruan Android 15 ini, Google menghadirkan sejumlah fitur privasi, keamanan dan peningkatan untuk perangkat foldable dan tablet. Salah satu fitur tersebut adalah “private space” untuk aplikasi yang mau disembunyikan dari orang lain.

Aplikasi yang dimasukkan ke dalam private space ini tak akan muncul dalam daftar “recent apps”, notifikasi, ataupun pengaturan. Untuk mengaksesnya pengguna perlu memasukkan otentifikasi tambahan. Pengguna juga bisa menyembunyikan opsi private space ini agar benar-benar tak terlihat oleh orang lain.


Sementara itu untuk perangkat foldable dan tablet, pengguna Android 15 bisa melakukan “pin” dan “unpin” aplikasi ke taskbar, sehingga lebih mudah diakses. Lalu untuk aplikasi yang memang sering dipakai secara “side by side”, pengguna bisa membuat shortcut khusus untuk membuka aplikasi tersebut secara bersamaan.

Sementara itu tambahan fitur yang muncul lewat “feature drops” adalah Theft Detection Lock, yang membuat ponsel otomatis terkunci saat mendeteksi adanya pencurian atau penjambretan. Ada juga fitur Remote Lock yang membuat pengguna bisa mengunci ponsel dari jarak jauh menggunakan ponsel Android lain.

Feature drop menarik lainnya adalah Night Sight for Instagram (untuk memotret dalam keadaan gelap), kontrol lebih baik untuk Audio Magic Eraser, dan nantinya juga akan ada fitur untuk memindahkan data dari Pixel Tablet ke ponsel Pixel dengan mendekatkan kedua perangkat itu.

Android 15 sejatinya sudah mulai disebar sejak September lalu untuk Android Open Source Project. Namun saat itu pembaruan Android 15 ini tak langsung tersedia untuk perangkat Pixel ataupun perangkat Android lainnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (16/10/2024).

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version