Minggu, September 29

Jakarta

Viral di medsos cerita Zhang Zilong, anak orang kaya yang baru tahu dirinya bergelimang harta di usia 20-an. Kisah ini menghebohkan internet karena bagaikan cerita di sinetron-sinetron yang kadang di luar nalar.

Ceritanya begini. Ada sebuah keluarga kecil dengan satu anak laki-laki. Anak itulah yang dinamakan Zhang Zilong. Zhang junior dan keluarga tinggal di rumah kecil di Pingjiang, Provinsi Hunan, China. Sehari-harinya, mereka hidup dengan sederhana.

Melansir South China Morning Post (SCMP) Jumat (21/6/2024), sang ayah, Zhang senior, diketahui memiliki bisnis makanan tradisional China yakni latiao bermerek Mala Prince (Spicy Prince). Brand ini dibangun sejak Zhang junior baru lahir. Zhang tahu pekerjaan ayahnya, tapi dirinya diyakinkan bahwa keluarganya masih memiliki utang yang harus dilunasi. Karena itu, Zhang tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bekerja keras.


Zhang menempuh pendidikannya dengan usaha keras. Tak main-main, dia dikabarkan berkuliah di salah satu sekolah terbaik di Hunan. Itu berarti, Zhang sendiri merupakan anak yang pintar.

Lulus dari universitas, Zhang memiliki mimpi yang tak muluk-muluk, dia hanya ingin menjadi seorang karyawan. Dia pun mencari pekerjaan dengan gaji CNY 6.000 atau sekitar Rp 13,5 juta supaya bisa membantu orangtuanya melunasi utang-utang yang sebenarnya tidak pernah ada itu.

Tapi, sudah cukup menyimpan rahasia, sang ayah tiba-tiba saja mengungkap bahwa mereka tidak benar-benar miskin. Zhang dan keluarga kemudian pindah ke villa mewah yang bernilai CNY 10 juta atau Rp 22,6 miliar. Hidup Zhang Zilong bisa dibilang berubah dalam satu malam.

Walaupun dibohongi selama 24 tahun, Zhang mengaku tidak marah dengan ayahnya. Dia tahu bahwa apa yang dilakukan ayahnya semata-mata hanya untuk membuat dirinya menjadi pribadi yang sederhana dan pekerja keras. Dia mengatakan bahwa baik ayahnya maupun dirinya sendiri tidak mau membuatnya disebut sebagai ‘fu er dai’ atau ‘generasi kaya kedua’. Itu adalah istilah untuk menyebut anak orang kaya yang hidup dimanja.

Lalu apakah kaya membuat Zhang Bahagia? Tentu saja, detikers. Dia pun mengakui sendiri ketika diwawancara oleh influencer Douyin @Xiangxiangdazouzhan.

“Menjadi kaya membuatku bahagia,” ucapnya.

Pada akhirnya, Zhang pun bekerja di perusahaan milik ayahnya. Dia bermimpi untuk membantu perusahaan go public dan membantu melebarkan penjualan di pasar internasional. Ayahnya mengatakan akan mempertimbangkan mewariskan perusahaan latiao miliknya jika dia merasa kinerja anaknya baik.

Latiao Mala Prince sangat terkenal di ecommerce. Bahkan, kamu bisa menemukannya saat mencarinya di market terkenal Indonesia. Mala Prince mampu mencetak CNY 600 juta setiap tahunnya atau setara dengan Rp 1,3 triliun.

Mendengar kisah yang benar-benar di luar nurul ini, netizen di berbagai belahan dunia pun menuliskan komentar mereka. Banyak yang tidak menyangka dengan cerita bak dongeng ini.

“Dongeng yang luar biasa. Katak biasa berubah menjadi pangeran Mala,” kata salah satu orang di Douyin.

“Saya percaya ceritanya. Merek ini baru mulai mengiklankan dirinya sendiri dalam beberapa tahun terakhir. Pasti karena pangeran sudah lulus dan tidak perlu bersembunyi lagi,” sahut yang lain.

“Cara dia berbicara dan berpenampilan tampak jujur serta rendah hati. Keluarganya mendidiknya dengan sangat baik,” ujar netter.

Coba deh kamu tanya ke mama papa kalian, detikers, jangan-jangan mereka juga lagi ngeprank kalian. Kasih tahu sekarang aja gapapa Pa, Ma, berat banget hidup jadi dewasa, hihihi.

(ask/fay)

Membagikan
Exit mobile version