Jumat, Oktober 4


Jakarta

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika Serikat (CBP) menaikkan biaya masuk ke negaranya. Tak tanggung-tanggung kenaikannya mencapai 20 persen.

Mengutip CNN, Jumat (4/10/2024), jadi itu adalah harga terbaru dari sebuah pengalaman yang lebih lancar saat melewati bandara Amerika Serikat. CBP menaikkan biaya pendaftaran atau perpanjangan Program Pelancong Tepercaya (Trusted Traveler Programs), sebuah istilah umum yang mencakup Global Entry, NEXUS, dan SENTRI, dari USD 100 menjadi USD 120, terhitung sejak tanggal 1 Oktober.

Sebelumnya, biaya pendaftaran ini menggunakan sistem “a la carte” dengan harga yang berbeda untuk setiap pelancong yang berbeda. Kini setiap orang harus membayar dengan harga yang sama.


Satu-satunya pengecualian adalah untuk anak di bawah umur. Mereka yang berusia di bawah 18 tahun yang orang tuanya terdaftar di Global Entry dan Program Wisatawan Tepercaya lainnya tidak perlu membayar biaya.

Artinya, perubahan ini membuat biaya pengajuan NEXUS, sebuah program bersama antara AS dan Kanada yang membuat perjalanan lebih mudah di antara kedua negara, akan meningkat dua kali lipat, yaitu dari USD 50 menjadi USD 120.

Global Entry diluncurkan pada tahun 2008. Sepuluh tahun kemudian, CBP mulai meluncurkan biometrik dan pengenalan wajah bagi para pelancong yang terdaftar dalam program ini.

“Karena program-program ini telah matang dan berkembang, memperbarui struktur biaya sangat penting untuk kelanjutan dan pengelolaan programnya,” tulis CBP, yang dikelola oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Mendaftar ke Global Entry membutuhkan proses aplikasi dan wawancara tatap muka sebagai tambahan dari biaya pendaftaran yang tidak dapat dikembalikan. Setelah disetujui, izin ini berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang secara online.

Traveler yang memiliki Global Entry dapat menggunakan jalur cepat khusus di bandara-bandara AS. Dan bukan hanya orang Amerika saja yang memenuhi syarat.

Penduduk tetap (pemegang Green Card) di AS, atau penduduk dari 15 negara dan teritori, termasuk Singapura, Meksiko, Jerman, dan India, juga bisa mengajukan permohonan, asalkan memenuhi kriteria tertentu.

Biayanya harus dibayar dalam dolar AS.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version