Senin, Oktober 21


Wuhu

Chery dengan sub brand Exeed memamerkan mobil Multi Purpose Vehicles (MPV) mewahnya dalam gelaran Chery International User Summit 2024. Meski belum banyak informasi yang dibocorkan, mobil ini digadang-gadang bisa menantang MPV premium sekelas Toyota Alphard.

Detikcom mengunjungi markas Chery di Wuhu, China. Pabrikan ini memamerkan ragam model yang sudah dipasarkan hingga calon mobil terbarunya. Salah satunya dari merek kelas atas di bawah naungan Chery, Exeed.

Kali ini yang menarik perhatian adalah model MPV premium, mobil konsep Exeed Exlantix E08. Namun, informasinya masih tertutup rapat, termasuk interior mobil tersebut hanya boleh diintip dari luar.


Saat mengintip ke dalam, interiornya menggunakan warna putih. Mobil itu memiliki tata letak tiga baris.

Kemudian roda kemudi setengah bulat juga menarik perhatian, bersama dengan layar horizontal bertumpuk yang membentang di dasbor.

Exeed Exlantix E08 merupakan MPV konsep yang punya desain futuristis. Sebenarnya mobil ini pernah mejeng di ajang Beijing Auto Show 2024.

Exeed E08 Foto: Ridwan Arifin

Pekerja Exeed yang memberikan informasi saat menjaga booth tersebut hanya bilang MPV ini menawarkan kelapangan dengan panjang mencapai 5.200 mm. Kapasitas penumpangnya sampai 7 orang.

Saat dilihat dari samping, tarikan garis desain mobil ini begitu halus, tanpa guratan melekuk-lekuk.

Exeed E08 Foto: Ridwan Arifin

Tidak ada grille, area wajahnya juga begitu mulus. Seperti mobil-mobil listrik kebanyakan saat ini, tidak banyak atau nyaris tidak ada lubang udara yang masuk dari area depan jika dibandingkan dengan mobil internal combustion engine.

Pada bagian depan, E08 memiliki desain yang terinspirasi oleh desain keluarga ‘cyber butterfly’. Area lampu depan juga tidak mendominasi muka mobil.

Lanjut ke area samping juga tidak terlihat spion. Perannya digantikan oleh kamera digital.

Uniknya lagi, pintu geser itu disebut dapat dibuka hingga baris ketiga, sehingga memudahkan akses masuk dan keluar kendaraan.

Mobil MPV ini bisa menjadi lawan berat bagi merek lain. Misalnya Lexus LM, Toyota Alphard, atau BYD Denza.

Sayangnya saat disinggung terkait powertrain apa yang digunakan pada Exeed E08, belum ada jawaban pasti. Namun disebut E08 itu bakal menggunakan teknologi new energy vehicles.

(riar/rgr)

Membagikan
Exit mobile version