Sabtu, September 28


Jakarta

Marc Marquez tersenyum lebar usai berhasil menyentuh garis finis Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (28/9/2024). The Baby Aliens menyelesaikan balapan Sprint Race MotoGP Mandalika 2024 dengan masuk podium ketiga.

Juara dunia 8 kali itu seolah memiliki ‘kutukan’ di Sirkuit Mandalika. Sejak MotoGP Mandalika perdana digelar tahun 2022, Marc Marquez tidak bisa mencerminkan statusnya sebagai pemenang. Dua kali gagal finis!

Di tahun 2022, Marquez mengalami high side di sesi pemanasan jelang balapan utama. Dirinya alami gegar otak ringan.


Setahun berikutnya, Marquez terjatuh di sesi balapan utama pada pertengahan lap. Sebelumnya, dia juga gagal di sesi Sprint Race karena terjatuh saat belum menyelesaikan satu putaran.

Pun Marquez sempat bernasib sial dalam sesi kualifikasi. Dia jatuh dua kali saat melakoni sesi Q2 di Sirkuit Mandalika. Kejadian itu terjadi tiga jam sebelum Sprint Race MotoGP Mandalika 2024 digelar.

Marquez tetaplah Marquez, dia sudah menargetkan tembus empat besar dalam Sprint Race MotoGP Mandalika 2024.

Start sensasional Marc Marquez

Setelah gagal total di sesi kualifikasi. Marc Marquez harus menerima kenyataan menjalani start dari posisi 12.

Pebalap berusia 31 tahun itu melakukan start yang sensasional. Dia ngegas ke posisi kelima selepas lampu start padam. Marquez mengasapi Enea Bastianini, Fabio Quartararo, Fabio Di Giannantonio, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, dan Johann Zarco.

Wuss… dia melesat seperti roket. Marquez mengawali balapan dengan apik. Dia persis di belakang Marco Bezzecchi.

Nasib apes justru menimpa Martin. Dia crash saat awal balapan. Walhasil posisi lima besar berganti menjadi Bagnaia, Pedro Acosta, Marco Bezzecchi, Marc Marquez, dan Enea Bastianini.

9 lap tersisa, Marco Bezzecchi merebut posisi kedua dari Pedro Acosta. Tak berselang lama, Marquez juga menggeser Acosta untuk mengisi tempat ketiga.

Drama terjadi lagi, Marco Bezzecchi hampir menabrak Bagnaia di tikungan 16. Bezzecchi berhasil menghindari kontak namun posisinya melebar. Marquez sekarang di posisi runner up, percis di belakang Bagnaia. Sedangkan Bezzecchi tercecer ke posisi empat, Enea Bastianini melengkapi posisi tiga.

Lima putaran tersisa, jarak Marquez dengan Bagnaia cuma 0,348 detik.

Bastianini sedang memburu Marc Marquez untuk berebut posisi dua. Tiga lap tersisa, La Bestia berhasil menyalip Marquez.

Last lap! Francesco Bagnaia menyentuh garis finis yang pertama kali. Pecco Bagnaia keluar sebagai pemenang Sprint Race MotoGP Mandalika 2024. Diikuti Enea Bastianini, dan Marc Marquez untuk melengkapi podium.

Tahun 2024 ini sudah beda cerita bagi Marc Marquez. Dia yang berseragam Gresini Racing sedang menemukan performa terbaiknya.

Marquez tidak hanya bisa memecahkan ‘kutukan’ Sirkuit Mandalika. Lebih lagi, The Baby Aliens bisa finis podium!

(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version