Rabu, September 25


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendarat perdana di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). Pesawat Kepresidenan RJ85 yang membawa Jokowi dan rombongan mendarat mulus di Bandara Nusantara pukul 16.12 WITA

Jokowi berangkat dari Kalimantan Barat usai melakukan kunjungan ke Mempawah dan Pontianak. Usai mendarat, Jokowi mengucapkan syukur karena pendaratan pertamanya di IKN berjalan dengan baik dan lancar.

“Landing yang pertama semua berjalan dengan baik Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar, dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara, Nusantara Airport,” ujar Jokowi usai mendarat di Bandara Nusantara IKN.


Jokowi juga mengungkapkan kesannya bisa mendarat di IKN. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu senang karena pendaratan mulus. Sementara soal kondisi Bandara Nusantara, menurut Jokowi tidak terlalu besar, namun sudah lebih dari cukup untuk menjadi penghubung bagi ibu kota baru.

“Mulus banget sih turunnya, landing mulus. Kemudian masuk ke dalam saya kira sangat bagus. Tidak terlalu besar tapi lebih dari cukup,” sebut Jokowi

Sebelumnya, Jokowi sempat bercerita sudah sejak lama ingin menjajal Bandara Nusantara dan rencananya itu sudah mundur beberapa kali.

“Ya nanti. Ini kan itu sudah mundur beberapa kali. Lalu, kita cek kemarin sudah bisa didarati ya nanti akan kita coba nanti untuk mendarat di IKN,” sebut Jokowi usai meresmikan smelter Mempawah, Kalimantan Barat di hari yang sama.

Pendaratan Bersejarah

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pendaratan yang dilakukan Jokowi dengan Pesawat Kepresidenan RJ85 merupakan momen bersejarah. Sebab, ini merupakan pendaratan pesawat presiden untuk pertama kalinya di bandara ibu kota baru.

“Hari ini 24 September saya di Bandara Nusantara. Hari ini adalah pendaratan bersejarah, Alhamdulillah Pak Presiden sudah mendarat di sini,” ujar Budi Karya dalam keterangannya.

Budi Karya mengatakan persiapan pendaratan pesawat kepresidenan telah dilakukan selama beberapa minggu ke belakang. Sederet uji coba terbang dan mendarat sudah dilakukan di Bandara IKN untuk melihat keselamatan dan keamanan penerbangan.

Verifikasi bandara dilakukan pada 8-9 September 2024, kemudian kalibrasi dilakukan pada 10 September 2024 oleh Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Kementerian Perhubungan.

Selain itu, tiga pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) juga telah melakukan uji coba di Bandara Nusantara pada 14, 15, dan 20 September 2024 dengan tiga tipe pesawat yakni Casa 212/A-2104, CN 295/A-2905, serta Hercules C130/A-1338. Uji coba tersebut berjalan lancar dan sukses.

Bandara Nusantara sendiri sudah dikebut pembangunannya sejak akhir tahun lalu, pembangunan lanjutannya pun masih akan berjalan hingga Desember mendatang. Saat ini Bandara Nusantara IKN memiliki landasan pacu berukuran 2.200 x 30 meter.

Rencananya bandara ini akan selesai dibangun secara keseluruhan, dengan runway sepanjang 3.000 meter, sesuai target waktu yakni 31 Desember 2024.

(hal/hns)

Membagikan
Exit mobile version