Selasa, Oktober 22


Jakarta

Agus Harimurti Yudhoyono dan Zulkifli Hasan telah dilantik Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator (Menko). AHY, sapaan Agus Harimurti Yudhoyono, dilantik menjadi Menko bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Sementara Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, menjadi Menko bidang Pangan. Namun keduanya belum memiliki kantor seperti menteri yang lain.

Ditanya terkait lokasi kantornya, AHY mengatakan, belum ditetapkan secara pasti di mana harus berkantor tersebut.


“Itu juga belum saya ketahui secara pasti (gedung kantor), yang jelas karena ini memang pos baru, tidak hanya Kemenko ini ya, tetapi juga ada beberapa Kemenko lainnya,” kata AHY, ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

Menurut AHY saat ini gedung pemerintah untuk menjadi kantornya nanti masih dalam proses pencarian.

“Karena memang benar-benar baru, kami baru mendapatkan informasi, lagi dicari yang pas lah kira-kira dimana,” ujarnya.

Sebagai informasi ada 5 kementerian bakal berada di bawah koordinasi AHY. Kementerian tersebut antara lain Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Transmigrasi, dan Kementerian Perhubungan.

“Saya rasa tugas-tugas yang akan kami jalankan baik itu secara umum maupun secara teknis karena ada 5 kementerian teknis di bawah Kemenko Infrastruktur. Mudah-mudahan bisa bekerja secara intensif dan bersinergi di lapangan,” kata AHY.

Sementara Zulhas mengatakan sementara akan meminjam kantor dulu, sambil menunggu kantor disiapkan

“Setelah ini, serah terima jabatan dulu. Setelah serah terima, nanti rapat. Nanti pinjam dulu kantornya,” ungkap pria yang akrab disapa Zulhas itu di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

“Untuk kantor sedang disiapkan, nanti kalau kantornya udah rapih teman-teman media ikut ya saat peresmian,” sambung Zulhas, di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta.

Zulhas pun menambahkan ada beberapa kementerian/lembaga yang nanti di bawah koordinasi Menko Pangan. mulai dari Kementerian Pertanian hingga Badan Pangan Nasional (Bapanas)

“Pangan itu sudah pasti Pertanian, Bulog, Bapanas, Kelautan, Kehutanan, Lingkungan, terus ada Badan Usaha Bidang Pangan dan instansi lain yang terkait. Lebih jelas tugasnya itu 5 tahun harus swasembada, ” ujarnya.

(shc/hns)

Membagikan
Exit mobile version