Sabtu, Oktober 12
Jakarta

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menyandang gelar doktor di bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan predikat cum laude dari Universitas Airlangga (Unair). Rekan sekelas mengungkapkan kesan mereka terhadap AHY.

Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, merupakan teman sekelas AHY di program studi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Universitas Airlangga. Herzaky menyebutkan banyak politikus Demokrat yang merupakan rekan sekelas AHY.

“Kami sekelas, termasuk Mas AHY, ada 22 orang. Di antaranya ada Wasekjen DPP Demokrat Agust Jovan, dan Deputi BPOKK DPP Demokrat Si Made Rai. Ada pula Sekjen Ikatan Alumni Unair, Indra Nur Fauzi, dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Ada pendeta dari Papua, beberapa dosen, dan ada pula yang kerja di migas. Ada yang berasal dari Palembang, Samarinda, Bali, bahkan Papua,” jelas Herzaky.


Teman-teman sekelas ini mengenang momen-momen saat bersama AHY di program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Unair. Herzaky menyoroti kedisiplinan AHY meskipun memiliki banyak tanggung jawab sebagai menteri.

“Beliau ini pun sangat disiplin. Hampir tidak pernah tidak masuk. Seingat kami hanya dua atau tiga kali beliau tidak masuk. Pertama pas perjalanan ke Amerika Serikat, ketika di pesawat, sehingga tidak bisa kuliah daring. Kedua, pas jadi pembicara utama kegiatan yang disiarkan langsung oleh beberapa televisi nasional. Bahkan masuk kelas pun selalu on time,” katanya.

“Nah, untuk ini ada cerita menarik. Jadi, ada dua kesempatan, kira-kira 5 atau 10 menitan setelah waktu kuliah dimulai, saya belum kelihatan nongol. Lalu, saya ditelepon oleh beliau. Kuliah sudah mulai, ayo kita masuk. Dosennya sudah ada. Malah beliau yang duluan sudah masuk dan mengingatkan kami-kami,” ungkap Herzaky.

Hal ini, menurut Herzaky, menunjukkan AHY tidak hanya fokus pada tugas-tugas kenegaraan, tapi juga teliti dalam setiap detail, termasuk hal-hal kecil dalam perkuliahan. AHY juga disebut aktif dalam diskusi kelas.

“Nah, yang menariknya, hampir tiap perkuliahan, saat kami-kami masih bingung-bingung dan mencerna materi yang baru disampaikan dosen, para profesor, dan doktor senior di Unair, AHY selalu hampir jadi yang pertama dalam merespons dan memberikan tanggapan atas materi kuliah dosen,” kata dia.

“Setelah itu, diskusi pun mengalir. Teman-teman sekelas lain jadi terpancing menyampaikan pemikirannya. Jadi beliau ini selalu aktif mengajukan pertanyaan kritis dan memberikan pandangan yang segar. Beliau bukan sekadar mendalami teori, tapi juga menghubungkannya dengan solusi nyata untuk tantangan Indonesia.,” imbuhnya.

Simak Video ‘AHY Raih Gelar Doktor di Unair, SBY: Tak Ada Cawe-cawe Saya’:

[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version