Jumat, Juni 28


Jakarta

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengenang sosok mantan Menteri BUMN Tanri Abeng yang meninggal dunia hari ini. Ahok mengaku memiliki kedekatan erat dengan Tanri.

“Orang banyak nggak tahu, Tanri Abeng ini saya panggil Om karena dari keluarga bapak saya yang Bugis kan. Nah ini keluarga waktu papa saya meninggal pun saya pertama kenal Om Tanri itu waktu meninggal bapak angkat saya karena waktu habis mandi disembahyangin duduk bareng gitu loh,” kata Ahok kepada wartawan di Grogol, Jakarta Selatan sesuai melayat almarhum Tanri Abeng, Minggu, (23/6/2024).

Ahok mengatakan sering berdiskusi dengan Tanri Abeng. Diskusinya makin intens ketika Ahok menjabat Komut Pertamina.


“Saya nggak ubah meja posisi tempat duduk semua nggak saya ubah saya ikutin saja karena ya om sendiri. Dan saya juga sering telepon malam-malam sharing ada berita Pertamina apa, dia suka telepon sharing. Saya kira berkat beliau juga kasih pengarahan macam-macam ya Pertamina tahun terakhir kita optimasi biaya cukup besar,” ungkap dia.

Ahok masih ingat betul apa yang dikatakan Tanri Abeng kepadanya, terutama saat Ahok dibilang teman presiden. Tanri juga bilang Ahok akan menjadi orang hebat di Pertamina.

“Paling saya ingat beliau bilang gini, ‘kamu pasti bisa lebih hebat dari saya di Pertamina, bisa lakuin banyak hal’, saya bilang ‘kenapa om, saya nggak mungkin setara dengan om lah’ saya bilang gitu kan. Lalu beliau bilang gini ‘karena kamu teman presiden semua orang nurut katanya, jadi kalau saya perintah-perintah belum tentu orang nurut, kalo kamu kan nurut katanya nanti karena teman presiden’,” kenangnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku sempat kesulitan menghubungi Tanri. Saat itu Tanri Abeng tengah fokus menjalani perawatan di Singapura.

“Saya dulu kan kenalnya juga manajer Rp 1 miliar, nah terus kebetulan kita sering kontak lah. Memang 3 bulan terakhir tak bisa kontak karena beliau lagi drop di Singapura,” katanya.

Posisi Tanri Abeng sebagai Komisaris Utama Pertamina lalu diganti Ahok. Ahok mengaku mendapatkan banyak arahan dari Tanri saat akan menjabat sebagai Komut Pertamina.

“Terus saya gantikan beliau posisi di Komut Pertamina kan. Terus beliau kasih saya buku Indonesia Inkorporation dari dulu, dijelasin sebetulnya BUMN ini harusnya jadi semacam holding, yah adalah kementerian seperti apa itu yang beliau sampaikan,” tutur Ahok.

Lihat juga Video ‘Cerita Tanri Abeng Tolak Makam di TMP: Pahlawan Bisa di Mana Saja’:

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/ygs)

Membagikan
Exit mobile version