Rabu, Oktober 23


Jakarta

Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2024 dengan tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Indonesia’. Dia berharap santri dapat mendunia dengan Pesantren Obah.

Diketahui, Pesantren Obah adalah salah satu program unggulan dia bersama Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi. Pesantren Obah adalah program yang isinya bagaimana pemerintah memikirkan kemajuan santri dan pesantren.

“Di antaranya pemerintah membantu sarana dan prasarana pesantren, memberi insentif guru madin, memberi beasiswa santri, dan melatih santri dengan bekal kerja yang bersertifikat,” ujarnya saat menghadiri upacara di Lapangan Ponpes Al Ulya, Kedungsuren, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Selasa (22/10/2024).


Taj Yasin Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom

Cawagub incumbent itu menambahkan jika dulu para ulama berjuang melawan dan mengusir penjajah, saat ini para santri harus berjuang menjawab tantangan zaman. Semangat ini merujuk pada resolusi jihad (seruan kewajiban berjihad untuk melawan penjajah), yang dicetuskan KH. Hasyim Asyari, pendiri NU.

“Itu artinya para santri harus siap meneruskan perjuangan para syuhada pendahulu kita. Meneruskan dengan cara mengisi kemerdekaan dengan ukiran prestasi,” ungkap putra Mbah Maimoen Zubair itu.

Sebagai informasi, upacara di Lapangan Ponpes Al Ulya, Kedungsuren, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal diikuti para santri, guru, dan warga masyarakat. Lapangan desa tersebut penuh dengan santriwan-santriwati yang khidmat.

Semua petugas upacara adalah para santri tenaga sekolah dan pengurus NU kecamatan Kaliwungu Selatan Kendal. Yang berbeda dengn upacara nasional lainya, upacara ini pesertanya banyak yang bersarung dan berpeci ala santri.

(akd/ega)

Membagikan
Exit mobile version