Selasa, Oktober 8


Tegal

Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ahmad Luthfi mengatakan pentingnya mengangkat perekonomian desa lewat industri padat karya. Sebab industri padat karena mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat desa.

“Ini padat karya yang bisa mengangkat ekonomi desa hingga rumah tangga,” kata Ahmad Luthfi di Pabrik Sarung Tenun Kaladawa, Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (8/10/2024).

Menurutnya, untuk memaksimalkan sektor tersebut harus diimbangi dengan peningkatan kualitas produk, sehingga hal itu bisa menghadirkan nilai tambah tersendiri.


“Kalau perlu kualitasnya diperbanyak akan menjadi komoditas ekspor atau lokal yang menjadi mendunia,” jelasnya.

Dia menjelaskan untuk memaksimalkan potensi desa, maka pihaknya bakal menggencarkan pelatihan kepada warga desa di Jawa Tengah. Menurutnya, hal itu sejalan dengan kebutuhan para pelaku usaha yang menginginkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Akan kita latih beri sertifikasi atau kita kembangkan dengan kerja sama,” tuturnya.

Jika terpilih menjadi Gubernur Jateng, dia pun bakal mendorong penggunaan tenun untuk sejumlah instansi. Hal itu sebagai wujud dukungan terhadap produk-produk daerah.

“Bisa masuk ke instansi punya nilai tinggi, seragam kalau perlu kerja sama dengan instansi atau dinas terkait untuk pemakaian produksi lokal mengangkat nasional kita,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Tenun Kabupaten Tegal, Syarif yang hadir di acara tersebut mengakui peningkatan kualitas SDM menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk menggenjot industri padat karya.

Dia pun berharap, Gubernur Jateng di masa mendatang bisa menggenjot peningkatan kualitas SDM. Apalagi saat ini, Paguyuban Tenun Kabupaten Tegal terdapat sekitar 3.000 penenun yang berasal dari 4 kecamatan.

“Mereka butuh pelatihan karena kita di sini tidak butuh usia, ijasah, dan jam kerja pasti. Jadi orang-orang di rumah yang suaminya ngerantau atau gimana bisa kita rangkul,” tutup Syarif.

Simak: BI Rate 6%: Pertahankan Stabilitas, Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

[Gambas:Video 20detik]

(anl/ega)

Membagikan
Exit mobile version