Kamis, Oktober 3

Jakarta

Semua makanan sehat dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. Faktanya seorang ahli memperingatkan jika ada 5 makanan sehat yang sifatnya justru tidak seperti itu.

Mereka yang ingin menurunkan berat badan biasanya beralih mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Sayangnya, tidak semua makanan yang dianggap sehat dan bergizi selalu optimal untuk menurunkan berat badan.

Ahli gizi Llana Muhistein mengungkap kepada Fox News Digital, bahwa makanan tertentu dapat menghambat tujuan kesehatan dan kebugaran.


Ia juga menyoroti adanya perbedaan besar antara makanan sehat biasa dan makanan sehat yang dapat menurunkan berat badan. Sehingga, ada kemungkinan seseorang mengonsumsi makanan sehat tetapi berat badannya tetap bertambah.

Ahli gizi di Los Angeles itu pun mengungkap daftar 5 makanan sehat yang sebenarnya tidak bisa membantu menurunkan berat badan. Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Foxnews.com (01/10/2024):

1. Granola dan oat

Menurut ahli, granola dan oat tidak efektif menurunkan berat badan. Foto: iStock

Granola seringkali ditambah sebagai topping yogurt hingga smoothie. Sedangkan oat juga sering dikonsumsi sebagai menu sarapan yang dilengkapi dengan topping buah-buahan.

Meskipun beralih sarapan atau makan malam dengan kedua jenis makanan ini, tetapi belum tentu berat badan bisa turun.

Llana Muhistein mengungkap, “Orang-orang menganggapnya sangat sehat, tetapi makanan itu biasanya dicampur dengan selai kacang, minyak, sirup maple, madu, potongan cokelat, dan parutan kelapa.”

Menurut ahli gizi ini, granola juga diproses dengan cara dipanggang, dipadatkan, dan secangkirnya bisa mengandung 600 kalori. Bahkan, sedikit granola bisa mengandung hingga 200 kalori.

Kandungan kalori tinggi di dalam makanan ini membuatnya tidak efektif untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan oat atau makanan berbahan dasar gandum lain juga bukan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Jika tetap ingin konsumsi oat, ahli gizi ini merekomendasikan untuk mengkombinasikan oat dengan yogurt atau bubuk protein agar hasilnya lebih optimal.

2. Alpukat

Meskipun alpukat mengandung nutrisi beragam, tetapi jika berlebihan, tidak dapat membantu turunkan bb. Foto: Getty Images/iStockphoto

Alpukat merupakan salah satu superfood atau makanan super karena kandungan nutrisinya.

Salah satu kandungan yang terkenal di dalam alpukat adalah lemak sehat. Sayangnya, memakan terlalu banyak dapat menghambat tujuan penurunan berat badan.

Menurut Muhistein, kebanyakan wanita hanya membutuhkan lemak sebanyak satu buah alpukat dalam sehari. Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi alpukat sekitar seperempat hingga sepertiga dalam satu waktu.

Daftar makanan sehat lain yang tidak bisa bantu turunkan berat badan dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version