Sabtu, Juli 6


Jakarta

Beefsteak yang enak bisa didapatkan dari cara memasak yang tepat. Teknik menyiram dengan mentega leleh bisa jadi alternatif cara memasaknya. Begini cara memasaknya.

Beefsteak yang enak biasanya dihasilkan dari daging sapi berkualitas tinggi. Selain itu, cara memasak yang tepat juga menjadi salah satu faktornya.

Dilansir dari Tasting Table (30/6), salah satu teknik memasak steak yang digunakan adalah cara basting. Basting adalah teknik memasak beefsteak dengan menyiram daging dengan minyak atau mentega leleh.


Teknik ini harus dilakukan pada suhu tinggi yang konstan. Suhu tersebut sangat penting agar mentega bisa melapiisi dan memberi tekstur luar yang renyah dan matang merata pada bagian dalamnya.

Namun, jenis mentega yang digunakan harus diperhatikan. Jangan menggunakan salted butter atau mentega asin, karena mentega ini lebih cepat terbakar yang artinya memiliki lebih sedikit waktu untuk mengolahnya di atas wajan. Selain itu garam dalam mentega akan menarik air di dalam steak sehingga menjadi kering.

cara basting steak Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebaiknya gunakan unsalted butter atau mentega tawar. Karena, titik asap mentega tawar lebih rendah. Jenis mentega ini juga tepat digunakan karena biasanya teknik basting digunakan untuk steak yang ditaburi banyak garam di bagian luar.

Rasa mentega yang netral dan lembut ini tidak akan mengganggu profil daging steak. Kamu bisa lebih mengontrol tingkat rasa asin dengan menggunakan mentega tawar.

Jika dirasa kurang asin, kamu bisa menambahkan sedikit garam secara manual setelah proses memasak. Untuk takaran yang tepat, rasionya adalah 1 sendok teh garam untuk setiap 500 gram beefsteak.

Untuk menciptakan rasa yang kaya dan aromatik dengan pengolesan mentega, masak steak lalu tambahkan mentega tawar ke dalam wajan. Lalu, miringkan wajan sehingga mentega leleh menggenang di satu sisi.

cara basting steakcara basting steak Foto: Getty Images/iStockphoto

Kemudian, sendokkan atau siramkan mentega leleh berulang kali di atas steak hingga sebagian besar terserap ke dalam daging dan sisa tetesan di wajan berwarna kecokelatan. Tambahkan mentega ke dalam wajan beberapa menit sebelum beefsteak selesai dimasak.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version