Sabtu, Oktober 26


Jakarta

Agar-agar atau jelly ternyata bisa jadi pilihan menu terbaik saat menurunkan berat badan. Chef ini mengungkap keistimewaan nutrisi agar-agar yang membuatnya cocok buat diet.

Membicarakan menu diet, tak harus selalu makanan tinggi protein yang harganya mahal. Sumber serat yang murah meriah dan ada di sekitar kita juga bisa jadi andalan.

Contohnya agar-agar yang ternyata bagus untuk dikonsumsi dalam menu harian ketika diet. Hal ini diungkap chef sekaligus pegiat hidup sehat, Edwin Lau.


Melalui unggahan Instagram @chefedwinlau (23/10/2024), ia menyebut agar-agar sebagai makanan diet termurah, tersehat, dan terenak. Selain itu, agar-agar yang terbuat dari alga merah ini merupakan bahan makanan halal, ramah vegan, bebas gluten, dan 100% alami.

Chef Edwin Lau mengungkap agar-agar mengandung serat yang hampir semuanya tidak tercerna di sistem pencernaan. “Maka fungsinya sebagai pencahar alami sangat efektif karena agar-agar memberikan bobot tambahan pada feses dan meningkatkan resapan cairan di usus sehingga proses pencernaan berjalan lebih lancar dan cepat,” jelasnya.

Kaya serat, agar-agar bagus dikonsumsi saat diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/VIKTORIIA DROBOT

Selain itu, menurut penelitian Masaki Sanaka yang dikutip oleh chef Edwin Lau, serat pada agar-agar juga punya fungsi lain. Serat ini memberikan sensasi kenyang lebih lama dan sangat efektif menahan nafsu makan berlebihan jika disantap sebelum makan besar atau camilan manis.

Berkat keunggulan agar-agar inilah, masalah obesitas dapat diatasi. Konsumsi agar-agar juga terbukti membantu pasien obesitas menurunkan berat badannya serta membantu mengendalikan gula darah pada pasien diabetes tipe 2, seperti dikutip dari penelitian H Maeda.

Namun pastikan memilih agar-agar yang tepat. Hindari yang sudah dicampur gula, pemanis lain, atau bahan tambahan pangan berlebih yang membuat sifat agar-agar tidak alami lagi.

Sebaiknya cari agar-agar dalam bentuk paling alaminya, seperti bubuk, serpihan, atau batangan di toko bahan kue atau supplier bahan pastry. Seringnya produk ini disebut agar-agar powder. Harganya sekitar Rp 5 ribuan per bungkus kecil.

“Terakhir, pastikan Anda menggunakan air yang cukup saat mencampurkan agar-agar, terutama pada bagian yang belum larut sempurna,” saran chef Edwin Lau. Sebab bagian agar-agar yang belum larut itu dapat menempel di usus atau saluran kerongkongan yang pada akhirnya memicu sumbatan di saluran pencernaan.

Chef Edwin Lau melanjutkan, “Saran saya, hangatkan larutan agar-agar dengan air/susu/jus terlebih dahulu maupun diblender terlebih dahulu, lihat konsistensinya, kemudian cetak dan simpan di kulkas.”

Pilih agar-agar yang alami dan dibuat tanpa banyak tambahan pangan. Foto: Getty Images/iStockphoto/VIKTORIIA DROBOT

Jika agar-agar dibuat dengan campuran air putih, bisa tahan sangat berminggu-minggu di kulkas. Namun jika dilarutkan dengan susu, maka agar-agar hanya akan tahan sekitar 4 hari, maksimal 1 minggu di kulkas.

Manfaat agar-agar untuk diet juga pernah dibahas Mario Mizzi, pakar kesehatan yang punya klinik diet. Ia mengungkap agar-agar bantu mengontrol berat badan karena sifatnya menstimulasi metabolisme.

Agar-agar turut mengandung asam amino yang bisa mendukung sistem imunitas tubuh. Jadi juga bisa mendukung kesehatan secara umum.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version