Senin, Oktober 14

Jakarta

Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Bahrain yang berakhir 2-2 masih membekas di benak netizen Indonesia lantaran timnas seakan dicurangi oleh kepemimpinan wasit. Protes masih terus dilayangkan di internet, termasuk di Instagram AFC (Asian Football Confederation).

Akun Instagram @afcasiancup beberapa jam yang lalu memposting video singkat gol Rafael Struick yang menggetarkan gawang Bahrain dan membuat Indonesia sempat unggul 2-1.

“Rafael Struick’s first senior goal for Team Garuda,” demikian tulisan di caption atas gol pertama Rafael Struick untuk Timnas Indonesia senior. Gol yang dicetak pada menit ke-74 itu dinilai memukau, di mana tendangan Struick yang pelan tapi melengkung tak dapat diantisipasi oleh kiper Bahrain.


Namun seperti diketahui, gol cantik Struick gagal membawa Indonesia meraup kemenangan. Mohamed Marhoon menyarangkan gol penyama kedudukan di menit ke-99. Gol tersebut dianggap kontroversi lantaran waktu tambahan di masa injury time hanya enam menit, tapi wasit tak juga meniup peluit.

Netizen Indonesia jelas tak terima dan sampai saat ini terus melancarkan protes, termasuk dalam unggahan gol Struick itu yang mendapat banyak komentar negatif dari netizen terkait jalannya pertandingan dan kepemimpinan wasit.

“90 + 6 = 99 , even my 5 year old son is smarter than you,” tulis sebuah komentar sindiran yang mendapat ratusan Like. “How can Asian football develop if the management is so broken?” tanya yang lain, yang juga mengumpulkan banyak Like.

“Serangan netizen ini akan berlanjut trs sampai kalian klarifikasi,” tulis komentar selanjutnya yang disambut antara lain dengan komentar ‘jangankan sampai lawan Bahrain sampai bertahun-tahun serang terus jika AFC belom mengklarifikasi’. “Afc takut Indonesia masuk piala dunia yah, makannya gak bener pilih wasit,” sebut sebuah akun.

Tulisan tagar #afcmania juga banyak bermunculan di kolom komentar yang berkumandang sebagai aksi protes pada kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf yang berasal dari Oman. AFC dinilai turut bertanggung jawab atas hasil akhir yang kontroversial tersebut dan juga didesak untuk melakukan investigasi.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version