Senin, Oktober 14


Kuala Lumpur

Wasit laga Bahrain vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi sorotan. AFC menegaskan laporan wasit akan ditinjau.

Ahmed Abu Bakar Al Kaf disorot atas kepemimpinannya di laga Bahrain vs Indonesia, Kamis (10/10/2024). Wasit asal Oman itu membuat keputusan ‘kontroversial’ dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut.

Momen yang menjadi sorotan adalah ketika Bahrain mencetak gol penyama kedudukan 2-2 atas Indonesia. Gol itu dicetak Mohamed Jasim Mohamed Ali Abdulla Marhoon pada menit ke-90+9, saat laga sedianya cuma diberi tambahan waktu 6 menit oleh Al Kaf.


Keputusan wasit asal Oman, yang tidak meniup peluit meski tambahan waktu sudah habis, bahkan sampai lebih tiga menit, membuat tim Indonesia meradang. Keributan sempat pecah di akhir laga.

Sekjen AFC, Datuk Seri Windsor John, menegaskan semua laporan wasit harus dipertanggungjawabkan. Termasuk laporan wasit Bahrain vs Indonesia, soal alasan menambah waktu di masa injury time.

“VAR memantau semua keputusan wasit, dan mereka harus membuktikannya (jika ada keluhan),” kata Windsor John, dilansir New Straits Times Online.

“Meski ofisial pertandingan tidak mengomentari penampilan mereka secara terbuka, mereka diharuskan memberikan laporan rinci kepada FIFA,” kata Windsor John.

Selain itu, Windsor John mengakui Asia kekurangan wasit berkualitas saat ini. Ia mengatakannya, di tengah kontroversi Ahmed Abu Bakar Al Kaf.

“Kami membutuhkan lebih banyak wasit berkualitas dari wilayah ini. Saat ini, Nazmi Nasaruddin dari Malaysia adalah salah satu dari sedikit wasit terkemuka,” ungkap Windsor John.

Simak Video ‘#AFCMafia Trending di X, Netizen: 90+6=99’:

[Gambas:Video 20detik]

Saksikan Live DetikPagi:

(yna/ran)

Membagikan
Exit mobile version