Jumat, September 27

Jakarta

Ada tiga ketupat sayur khas Padang yang populer dan berating tinggi di Jakarta. Lengkap dengan sayur pakis dan lauk yang sama, begini perbedaan rasanya.

Gurih berempah ketupat sayur khas Padang atau populer juga disebut katupek sayur, umumnya dinikmati sebagai menu sarapan. Tetapi kenikmatan kuahnya yang kental berempah juga tak masalah jika ingin disantap kapanpun ketika diinginkan.

Di Jakarta ada beberapa tempat makan ketupat sayur khas Padang yang menjadi unggulan. Di kawasan Kebayoran Lama, Tebet, hingga Bendungan Hilir yang terkenal dengn kuah gurih berempah serta diserbu oleh para penggemarnya.


Mencoba membandingkan tiga ketupat sayur populer ini,detikfood memesan ketupat sayur dari Ketupat Sayur Padang Pariaman di Gandaria, Ketupat Sayur Alam Saiyo di Tebet, dan ketupat sayur dari Rumah Makan Bopet Mini di Benhil.

Ketiga ketupat sayur ini juga kami pesan dengan lauk pauk pelengkap yang sama. Di dalam setiap mangkuk berisi sayur nangka, sayur pakis, telur, rendang, lengkap dengan kerupuk merah muda sebagai ciri khasnya.

Potongan ketupat pada Ketupat Alam Saiyo dan RM Bopet Mini paling pas untuk dinikmati dalam satu suapan. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Potongan dan Tekstur Ketupat

Sering dipukul rata, faktanya setiap ketupat sayur memiliki karakteristik tekstur yang berbeda-beda. Mulai dari bentuk potongan ketupat yang disajikan hingga tekstur ketupat yang dihasilkan.

Untuk tekstur ketupat sendiri biasanya ditentukan dari durasi memasak ketupat yang digunakan. Pada Ketupat Sayur Padang Pariaman Gandaria ketupatnya kenyal dan padat.

Dalam penyajiannya, potongan ketupat berukuran besar sehingga perlu dipotong lagi jika ingin mendapatkan suapan yang pas. Sementara pada Ketupat Sayur Padang Alam Saiyo penyajiannya seperti diiris dengan tekstur yang tidak terlalu lembut dan tidak kenyal.

Ukurannya sudah pas untuk satu suapan dengan tambahan potongan lauk ada setiap suapannya. Berbeda lagi dengan menu ketupat sayur di Rumah Makan Bopet Mini Benhil, di sini ketupat dipotong berbentuk persegi kira-kira 1×1 centimeter dengan tekstur yang lembut.

RM Bopet Mini punya kuah yang lebih gurih dan terasa bumbunya dibandigkan ketupat sayur yang lain. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Kental Berempah Sayur Nangka dan Pakis

Layaknya ketupat sayur Padang pada umumnya, ada sayur nangka dan sayur pakis sebagai sayur gurih yang digunakan pada penyajian ketupat. Dari ketiga ketupat sayur Padang yang kami pesan semuanya juga memiliki karakter yang berbeda.

Ketupat Sayur Padang Pariaman Gandaria memiliki sayur nangka yang lebih kental santannya tetapi rasanya tak terlalu gurih menusuk. Tekstur nangkanya masih padat pada beberapa potongan dan lembut pada potongan lain, kematangannya kurang merata.

Sayur pakis pada ketupat sayur ini berupa daun pakis yang masih utuh lebar dan memanjang dengan kuah santan yang kuning. Pada Ketupat Sayur Alam Saiyo, sayur nangkanya lebih encer tetapi justru lebih terasa gurih daripada Ketupat Sayur Padang Pariaman Gandaria.

Nangka mudanya disajikan dengan potongan yang lebih tipis memanjang dan tekstur lembut kematangannya lebih merata. Begitu pula dengan sayur pakisnya yang dipotong lebih kecil seperti diiris kasar.

Rumah Makan Bopet Mini menyajikan sayur nangka dan sayur pakis yang hampir mirip dengan Ketupat Sayur Padang Alam Saiyo. Nangkanya diiris lebih kecil, teksturnya empuk, dengan daun pakis yang juga diiris kasar.

Tetapi untuk rasa sayur nangkanya RM Bopet Mini lebih gurih dan lebih asin. Sayur pakisnya juga hanya dimasak dengan kuah santan dan tidak berwarna kuning seperti di kedua tempat lainnya.

Perbandingan lauk pauk antara tiga ketupat sayur ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Bikin Laper: Sayur Tunjang Ajo Buyuang di Tebet Rasanya Lamak Bana
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version