Minggu, Oktober 20


Jakarta

Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pelantikan presiden di Gedung MPR/DPR RI. Jokowi tampak menggunakan sedan mewah Mercedes-Benz saat menuju Gedung MPR/DPR RI.

Namun, ada yang beda dari Mercedes-Benz tunggangan Jokowi ini. Sebab, biasanya Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard generasi W222. Namun hari ini, Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S 680 generasi W223 terbaru.

Hal itu terlihat dari tampilannya. Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia (Mercedes-Benz Indonesia), Kariyanto Hardjosoemarto, juga mengkonfirmasi bahwa mobil yang digunakan Jokowi itu adalah Mercedes-Benz S 680 generasi W223, mobil antipeluru Mercy versi terbaru.


“Iya mobil tersebut adalah S680 Guard W223. Mobil tersebut dibeli melalui direct sales (pembelian langsung) dari Sekretariat Negara ke Mercedes-Benz di Germany,” kata pria yang akrab disapa Keri itu kepada detikOto, Minggu (20/10/2024).

Presiden Joko Widodo melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Foto: Pradita Utama

Mercedes-Benz S 680 generasi W223 ini telah melalui pengujian perlindungan terhadap penumpangnya. S 680 GUARD 4MATIC memenuhi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan sipil yang disertifikasi oleh lembaga pembuktian Ulm. Dengan kelas perlindungan VPAM VR10, S 680 GUARD memenuhi standar balistik tertinggi yang tersedia untuk kendaraan sipil dan juga melindungi penumpangnya dari alat peledak secara efektif.

Perlindungan terhadap serangan ledakan didokumentasikan melalui kepatuhan terhadap versi terbaru standar VPAM ERV (Kendaraan Tahan Peledak), yang kriteria pengujiannya tidak tersedia secara bebas. S 680 GUARD 4MATIC bukan hanya kendaraan pertama yang menyelesaikan pengujian terkini, tetapi juga meraih skor tertinggi dalam ketiga pengujian (atap, lantai, dan samping).

Sistem jendela yang dioperasikan secara hidrolik (bukan secara elektrik) juga sangat cerdas. Bahkan jika sistem kelistrikan dalam kendaraan gagal, operasi darurat tetap memungkinkan, yaitu menutup jendela jika terjadi upaya penyerangan.

Peralatan khusus lainnya yang dirancang khusus untuk S 680 GUARD 4MATIC meliputi sistem pemadam kebakaran dengan fungsi pemicu otomatis dan sistem udara segar darurat yang melindungi penumpang dari asap atau gas iritan yang masuk.

Ban antibocor Michelin PAX merupakan fitur standar. Bahkan dengan ban yang rusak, mobil ini dapat keluar dari zona bahaya hingga jarak 30 kilometer.

Mobil ini ditenagai mesin 5.980 cc V12 biturbo. Mesin V12 tersebut memiliki tenaga maksimal hingga 450 kW atau 612 daya kuda. Torsi maksimalnya mencapai 830 Nm yang bisa dikail dari 2.000 rpm.

(rgr/lua)

Membagikan
Exit mobile version