Rabu, Oktober 9


Jakarta

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupaya untuk meratakan akses internet ke seluruh penjuru Indonesia. Salah satu caranya dengan satelit SATRIA-1, Palapa Ring hingga BTS 4G BAKTI Kominfo.

Untuk SATRIA-1, satelit ini menyalurkan koneksi internet ke daerah 3 melalui koneksi internet tersebut berawal dari stasiun Bumi yang berfungsi sebagai gateway untuk Satria-1. Stasiun-stasiun bumi yang berada di 11 kota di Indonesia ini akan ‘menembakkan’ koneksi internet ke Satria-1.

“Satria-1 ini memiliki adalah 11 stasiun Bumi, kita menyebutnya stasiun Bumi kecil ya, yang gunanya adalah sebagai feeder link untuk memancarkan internet ke satelit, lalu akan didistribusikan oleh satelitnya ke titik-titik VSAT layanan di public services atau pusat layanan pemerintah di seluruh Indonesia, khususnya di daerah 3T,” papar Kepala Divisi Satelit BAKTI Kominfo Sri Sanggrama Aradea.


Hadirnya SATRIA-1 tentunya akan mendukung kegiatan pelatihan, percepatan pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, memberikan informasi Puskesmas dan RSUD, serta membantu pengawasan TNI dan Polri di daerah.

SATRIA-1 pun sudah pernah digunakan dalam kegiatan HUT ke-79 RI beberapa waktu lalu. Sebanyak lima akses internet berbasis satelit ini disediakan Bakti Kominfo di sekitar IKN.

Menjadi satelit canggih pertama yang dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Indonesia, Satria-1 diluncurkan untuk memperkuat jaringan internet dan layanan digital di 37.000 titik sehingga mampu meratakan akses internet.

“Konektivitas internet dengan Satria 1 merupakan langkah nyata upaya pemerintah dalam pemerataan akses internet bagi seluruh masyarakat Indonesia. Saya harapkan konektivitas digital yang masif ini, akan mendorong produktivitas masyarakat sehingga menjadi stimulus pertumbuhan signifikan PDB yang merupakan prasyarat Indonesia menjadi negara maju 2045,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie beberapa waktu lalu.

Salah satu bukti nyata dari upaya tersebut adalah dengan on air-nya akses internet di desa Ilan Batu Uru, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai rasa syukur atas tersedianya internet di desa Ilan Batu Uru, masyarakat memperingati kemeriahan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 di lapangan SD/SMP SMPN Satap Paranta beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat mengadakan kegiatan-kegiatan yang meriah. Camat, Kepala Desa, para tokoh masyarakat, murid sekolah menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI dan Menteri Kominfo atas hadirnya akses internet di sekolah, kantor desa, dan posyandu di Desa Ilan Batu Uru.

Kepala Desa Ilan Batu Uru menyampaikan kehadiran internet bukan hanya memudahkan tugas administrasi sekolah dan kantor desa dalam melayani masyarakat secara digital, tetapi juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghubungi petugas kesehatan bila ada masyarakat yang sakit.

“Dulu warga yang sakit harus ditandu sampai berkilo-kilometer sampai titik lokasi sinyal terdekat, baru mereka menghubungi petugas kesehatan,” imbuhnya.


Simak Video “Kominfo Ungkap Kekurangan Anggaran untuk Pusat Data Nasional Sementara
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version