Sabtu, September 21


Jakarta

MG Motors belum lama ini meluncurkan MG Comet EV sebagai produk rebadged Wuling Air ev. Kendaraan listrik tersebut sebelumnya dibanderol 798 ribu rupee atau Rp 140 jutaan di India. Namun, harganya kini turun menjadi hanya 499 ribu rupee atau Rp 90 jutaan!

Disitat dari Gaadiwaadi, Sabtu (21/9), produsen menawarkan skema BaaS atau battery as a service untuk MG Comet EV di India. Sehingga, konsumen tak perlu membeli baterai kendaraan, melainkan cukup melakukan penyewaan.

Biaya sewanya juga tak mahal. Pemilik mobil cukup membayar 2,5 rupee atau Rp 300 perak per kilometer. Sehingga untuk penggunaan sejauh 100 km, konsumen hanya perlu mengeluarkan dana Rp 30 ribu!


“Dengan BaaS, kami telah menciptakan platform untuk kepemilikan yang mudah, membuat EV kami lebih mudah diakses dari sebelumnya. Saya yakin bahwa model kepemilikan yang unik ini akan semakin meningkatkan adopsi EV di negara ini,” kata Satinder Singh Bajwa selaku Chief Commercial Officer MG Motor India.

Mobil listrik MG Comet EV. Foto: MG India.

Demi memudahkan konsumen membeli kendaraan dengan skema BaaS, MG Motors telah bekerja sama dengan sejumlah mitra pembayaran setempat, seperti The Bajaj Finserv, Hero Fincorp, Vidyut dan Ecofy Autovert.

Spesifikasi MG Comet EV

MG Comet EV memiliki desain yang mungil dan mengotak. Kendaraan tersebut benar-benar menyerupai Wuling Air ev yang dipasarkan di Indonesia dan China. Perbedaan yang paling kentara hanya terlihat di bagian emblem merek saja.

Mobil listrik pendatang baru itu punya dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.640 mm. Sementara jarak sumbu roda atau wheelbase-nya 2.010 mm. Dimensi tersebut benar-benar serupa dengan Wuling Air ev, kecuali tingginya yang sedikit lebih jangkung.

Mobil listrik MG Comet EV. Foto: MG India.

Comet EV dibekali baterai lithium ion berkapasitas 17,3 kWh. Kendaraan tersebut bisa melaju hingga 230 kilometer dalam kondisi penuh. Sementara untuk mengisi daya baterai dari nol ke 100 persen memerlukan waktu tujuh jam.

Motor listrik Comet EV menggunakan permanent magnet motor (PMSM), yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 41,42 dk dan torsi puncak 110 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis.

Mobil listrik termurah di India itu ditanamkan sejumlah fitur standar, seperti integrated floating wide screen dengan bentang layar 10,25 inci, konektivitas Android Auto dan Apple Carplay, sistem navigasi, pengeras suara atau audio, sistem pengereman ABS dengan EBD, reverse parking camera, airbags dan masih banyak lagi.

(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version