Selasa, September 24


Jakarta

Dua ekor ular ditemukan di area Museum Tekstil Jakarta. Petugas pemadam kebakaran (damkar) bergerak mengevakuasi reptil tersebut.

Subcommand Center (SCC) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakbar menerima informasi tentang keberadaan ular sekitar pukul 07.35 WIB.

“Benar, terkait adanya ular sanca dan ular kobra yang berada di lingkungan Museum Teksile Jakarta,” kata Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakbar, Syarifudin, dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).


Kemudian, SCC Gulkarmat Jakbar mengerahkan 1 unit Light Rescue dari kantor damkar Sektor Palmerah. Sebanyak 4 personel damkar menangani hewan liar tersebut.

Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 07.42 WIB. Awalnya damkar mengevakuasi ular kobra. Ular berbisa tersebut lalu dimasukkan ke galon bekas air minum.

Ular sanca dan kobra ditemukan di area Museum Tekstil Jakarta. Petugas damkar bergerak mengevakuasi reptil tersebut. (dok Damkar Jakbar)

Terlihat ular kobra yang dievakuasi sudah dewasa. Damkar mengevakuasi menggunakan tongkat penangkap (grab stick).

Damkar kemudian mengevakuasi ular sanca yang juga masih di area museum. Ular sanca itu panjangnya lebih dari 2 meter. Sanca itu kemudian dimasukkan ke karung goni.

Operasi evakuasi kedua ular dinyatakan selesai pukul 08.10 WIB. Warga berterima kasih kepada damkar.

“Terima kasih kepada pemadam kebakaran yang telah menangkap ular di Museum Tekstil,” ucap warga.

Evakuasi Sanca di Rumah Warga

Pada pagi ini, Damkar Jakbar juga mengevakuasi ular sanca di rumah warga di Meruya Utara, Kembangan. Sanca bisa dievakuasi pukul 09.15 WIB.

Damkar mengerahkan 1 unit tim light rescue yang terdiri dari 4 personel.

“Ular tersebut berada di sekitar kendang ayam. Kemudian Bapak Endra Gunawan melaporkan kembali ke SCC Jakarta Barat,” ujar dia.

(jbr/mei)

Membagikan
Exit mobile version