Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Seekor kancil terdampar di kolam Changi Beach Club. Hewan itu dievakuasi dan direhabilitasi oleh tim penyelamat.

Diberitakan mothership, Kamis (10/10/2024) kancil tersebut diselamatkan pada 4 Oktober oleh kelompok penyelamat satwa liar Animal Concerns Research and Education Society (Acres). Menariknya, ukuran kancil yang diselamatkan ini cukup besar.

Karena, di Singapura biasanya hanya dijumpai kancil kecil. Jarang sekali kancil besar terlihat di negara itu.


Kancil tersebut ditemukan hampir tenggelam dan sangat lemah di kolam keruh di klub pantai tersebut. Seorang staf klub bernama Asaraf Ali menemukan hewan yang basah kuyup itu, lalu menangkapnya dengan jaring.

Wakil CEO Acres, Kalai Vanan, mengatakan bahwa tim mereka dipanggil untuk menyelamatkan kancil ini. Menurut Kalai, rusa tersebut menunjukkan tanda-tanda kelemahan dan stres, serta mengalami dehidrasi parah.

Untungnya, tim dokter hewan Acres berhasil menstabilkan hewan tersebut dan ia pun pulih sepanjang malam.

“Kami beruntung rusa tersebut tidak menderita miopati (istilah umum yang merujuk pada penyakit apa pun yang mempengaruhi otot-otot yang mengendalikan gerakan sukarela dalam tubuh) dan dapat pulih dengan cepat,” kata Kalai.

Kancil ini diduga berenang dari daratan utama dari sebuah pulau lepas pantai dan terdampar di Changi. Hewan ini dilepaskan kembali ke pulau tersebut pada tanggal 5 Oktober.

(sym/fem)

Membagikan
Exit mobile version