Senin, Oktober 14


Jakarta

Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia. Salah satu warga Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang Mutiah (18) mengaku mengakses layanan JKN begitu mudah.

Mutiah bercerita saat itu ia menderita sakit gigi, dan mengharuskannya untuk cabut gigi. Lantaran telah terdaftar sebagai peserta JKN, ia pun langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

“Saya menggunakan JKN untuk perawatan gigi sekitar sebulan yang lalu. Saat itu saya menderita sakit gigi yang tidak kunjung hilang setelah beberapa hari, jadi saya memutuskan untuk pergi ke Puskesmas Panongan dan diperiksa oleh dokter, ternyata giginya harus dicabut. Dokternya sangat baik, memberikan penjelasan menyeluruh, dan perhatian dengan kondisi saya. Untungnya saat itu saya dan keluarga sudah terdaftar sebagai peserta JKN, jadi mau cabut gigi tidak khawatir lagi untuk biayanya,” ujar Mutiah dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2024).


Mutiah merasa lega karena biaya perawatan giginya ditanggung oleh Program JKN. Ia mengatakan dengan memanfaatkan fasilitas Program JKN, perawatan dirinya menjadi jauh lebih baik. Bahkan, seluruh pelayanan pendaftaran di puskesmas hingga pelayanan pemeriksaan, semuanya dilakukan dengan sopan dan ramah oleh tenaga kesehatan.

“Alhamdulillah, dari awal saya berobat tidak pernah mengeluarkan biaya sama sekali. Saya berobat menggunakan Program JKN, pelayanannya sangat memuaskan dan saya sangat puas. Harapan saya, semua lapisan masyarakat dapat merasakan hal yang serupa, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri saat ada memiliki masalah kesehatan. Karena pengobatan sekarang sangat mudah dan aman berkat jaminan kesehatan Program JKN,” ungkap Mutiah.

Berkat Program JKN, ia juga bersyukur karena mendapatkan pengobatan tanpa biaya yang memberatkan sehingga lebih tenang. Ia pun berharap semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan program ini agar tidak mengalami kesulitan dengan masalah biaya pengobatan.

“Sekarang, saya sudah bisa bernafas dengan lega karena gigi tidak lagi sakit dan saya akan lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut agar tidak sakit gigi lagi. Dan saya pun sangat puas dengan pelayanan kesehatan program JKN karena saya tidak pernah mengalami diskriminasi dalam pelayanan puskesmas. Seluruh staf medis yang bertugas teliti dalam bekerja dan selalu ramah. Namun, ke depannya kualitas pelayanan diharapkan terus meningkat,” papar Mutiah.

Mutiah pun mengapresiasi upaya pemerintah menghadirkan Program JKN dengan pendekatan yang sederhana, cepat dan adil. Sebab menurutnya, JKN dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan modern. Ia pun turut merekomendasikan Program JKN untuk dimiliki oleh seluruh kalangan gen Z.

“Dengan program JKN ini saya sudah punya pengalaman melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan dan prosesnya sangat mudah. Yang penting kepesertaan kita sudah aktif, tidak ribet mengurusnya. Apalagi untuk Gen Z yang menyukai segala hal yang mudah. Jadi saya ingin semua orang tahu bahwa kesehatan adalah investasi terpenting dalam hidup. Berkat dukungan tenaga medis dan Program JKN, saya dapat melewati masa sulit terkait biaya pengobatan dengan lebih mudah,” tutup Mutiah.

(prf/ega)

Membagikan
Exit mobile version