Minggu, September 29


Jakarta

Kini semakin banyak tempat makan hingga resto enak yang ditemukan di dalam kompleks perumahan. Mulai dari makanan kekinian, masakan rumah sampai jajanan yang legendaris.

Jika sedang bosan makan atau kulineran di dalam mall hingga pusat keramaian, ada alternatif terbaru yang bisa dikunjungi untuk kulineran seru. Mengunjungi tempat makan, toko kue, kafe sampai restoran yang lokasinya berada di dalam perumahan.

Di kota-kota besar, perumahan atau komplek menjadi salah satu pusat pemukiman bagi warga yang menetap di sana. Berbeda dengan pemukiman biasa, area perumahan biasanyad ilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti keamanan, kebersihan sampai usaha makanan kecil-kecilan.


Dari sini muncul lah tempat makan tersembunyi atau ‘hidden gem’ yang berjualan makanan di dalam perumahan. Biasanya tempat-tempat makan ini berdiri di area perumahan yang sudah cukup lama, karena penduduknya sudah banyak. Pasar utamanya memang menyasar warga sekitar sehingga warga tak perlu repot-repot keluar area perumahan untuk membeli makanan.

Bali dari Selatan Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Sejak masa pandemi tempat makan di area perumahan ini semakin berkembang pesat. Apalagi semenjak ada media sosial seperti TikTok dan Instagram. Banyak orang yang berbagi tempat makan favorit mereka di dalam perumahan yang sebelumnya tidak diketahui banyak orang.

Lalu banyak juga komplek atau area perumahan yang kini berkembang menjadi destinasi kulineran, karena banyaknya penjual makanan yang bisa ditemukan di sana.

Contohnya di area perumahan Taman Pertama Buana di Kembangan, Jakarta Barat. Di sini ada banyak tempat makan dari skala kecil, kafe modern sampai restoran besar.

Rahayu Kitchen : Sedap Mantap! Nasi Tempong Wagyu dan Nasi Madura Foto: detikFood

Mau cari makanan enak yang diulas food vlogger juga ada di Taman Permata Buana, seperti Nasi Ulam Berkat, Bakmi Nirwana, Baker J dan masih banyak lagi.

Begitu juga dengan area perumahan di Villa Melati Mas, Serpong Utara, Tangerang. Area perumahan ini tak hanya jadi tempat bermukim saja, melainkan menjadi destinasi wisata kuliner yang beragam.

Di dalam perumahan ini tak terhitung berapa banyak tempat makan bakmi, bakso, tempat makan sampai resto-resto dari brand ternama bisa ditemukan di area perumahan ini.

Salah satu yang paling terkenal ada Bakso Malang Jaya Bersama yang selalu diantre setiap harinya, hingga jajan onde-onde dan tahu petis di Depot HTS. Semua tempat makan enak ini bisa ditemukan di dalam Villa Melati Mas.

Yummy! Pizza Pepperoni Topping Melimpah Ada di Perumahan Mewah Ini Foto: detikFood

Kalau mau cari makanan legendaris di dalam area perumahan juga bisa. Seperti kedai Es Krim Swanie yang berusia 22 tahun, lalu ada Rahayu Kitchen yang tengah viral di media sosial sampai jajan Bakso Pak Bandi yang berlokasi di pemukiman padat penduduk.

Di ulasan minggu ini, detikFood akan mengulas seputar kuliner di area perumahan. Mulai dari tempat makan yang wajib dikunjungi, pemetaan tempat-tempat makan favorit di beberapa komplek perumahan sampai rekomendasi tempat makan enak yang masih belum banyak diketahui.

Untuk itu pantau terus semua ulasan menarik seputar kuliner perumahan di detikFood!

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version