Minggu, September 29


Jakarta

Wisata ke Lampung, ada tempat menarik yang punya miniatur Candi Prambanan. Namanya Cekat Raya. Ada apa saja ya di sana?

Nah, traveler bisa datang ke Desa Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Komplek wisata Cakat Raya dikenal dengan berbagai replika bangunan adat dan suku yang tinggal di Tulang Bawang, Lampung.

Beberapa miniatur bangunan adat yang ada di Tulang Bawang merupakan bentuk penghargaan terhadap keberagaman yang ada, dan semuanya bisa dilihat di tempat wisata ini.


Sejarah Cakat Raya

Dilansir dari kemenkeu.go.id, Kabupaten Tulang Bawang memang menjadi wilayah yang memiliki beranekaragam suku. Hal ini karena Tulang Bawang adalah salah satu tujuan lokasi transmigrasi sehingga, pendatang pun banyak yang tinggal di sini.

Daerah Tulang Bawang semakin berkembang, sampai akhirnya di tahun 1997 secara administratif berdiri sendiri sebagai Kabupaten Tulang Bawang. Wujud penghargaan terhadap keberagaman tadi, dibangunlah kawasan wisata Cakat Raya yang berisi bangunan adat dari beberapa suku sebagai simbol penghargaan terhadap keberagaman yang ada di Tulang Bawang.

Tak hanya spot bangunan rumah adat, di lokasi yang cukup tinggi dibandingkan lokasi sekitarnya, pengunjung dapat melihat pemandangan yang menakjubkan. Hamparan rawa dan perkebunan hijau yang ada di Tulang Bawang nampak jelas terlihat.

Daya Tarik Cakat Raya

Daya tarik utama wisata Cakat Raya adalah miniatur Candi Prambanan yang berdiri kokoh dengan luas 9×10 meter dan tinggi hampir 12 meter dan memiliki detail yang rapi. Candi ini menjadi ikon yang paling diincar oleh para pengunjung dengan pemandangan yang langsung menghadap ke Way Tulang Bawang.

Selain miniatur Candi Prambanan, tempat wisata Cakat Raya juga memiliki berbagai replika bangunan adat dari berbagai wilayah nusantara, seperti rumah adat Batak, Minangkabau, bahkan rumah adat Jawa atau Joglo. Ukuran bangunannya juga cukup besar dan menunjukkan gambaran tentang kebudayaan nusantara, terutama Lampung.

Wisata Cakat Raya memiliki pemandangan yang indah dan berbagai spot foto yang sangat Instagramable dan fotogenik. Bagi para pengunjung yang menyukai swafoto dan fotografi, bisa datang dan mengunjungi Cakat Raya untuk mengabadikan foto bersama dengan komplek wisata yang indah ini.

Lokasi Wisata dan Tiket Masuk Cakat Raya

Wisata Cakat Raya berada di Jalan Lintas Sumatera, Desa Cakat Raya yang berjarak 16 km dari pusat Kota Menggala. Jarak tempuh ke Cakat Raya memerlukan waktu sekitar 3 jam setengah dari Kota Bandar Lampung yang berjarak sekitar 124 km.

Untuk Mengunjungi tempat wisata Cakat Raya, detikers dapat langsung mengakses secara gratis, tanpa harus membayar tiket masuk.

Itulah informasi mengenai tempat wisata Cakat Raya yang berada di Tulang Bawang, Lampung. Jangan lupa ke sini ya.

Baca artikelnya di detiksumbagsel,

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version