Minggu, Juni 30


Jakarta

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, mengatakan ada 500 orang warga negara Iran di Indonesia yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu kali ini. Dia mengatakan hanya ada satu tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu Iran yang disiapkan di Indonesia.

“Kami berharap mungkin kurang dari 500 orang yang berada di sekitar Jakarta dan di Jakarta, dan kami berharap sebagian besar dari mereka berpartisipasi dalam pemilu,” kata Boroujerdi di rumah dinasnya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2024).

“Jadi kami tidak tahu persis berapa banyak orang yang ada di sini, tapi kami tahu bahwa sebagian besar dari mereka setia untuk berpartisipasi dalam pemilu,” sambungnya.


Dia mengatakan ada juga warga negara Iran yang sedang berada di luar Jakarta. Dia mengatakan Kedubes Iran tak bisa mengumpulkan semua warga negaranya yang berada di Indonesia.

“Jadi di Jakarta, kami hanya memiliki satu TPS di Jakarta karena mereka berada di pulau-pulau dan kota-kota terpencil, tidak mungkin untuk mengumpulkan semua suara,” ujarnya.

Boroujerdi mengapresiasi Warga Negara Iran yang berpartisipasi dalam Pemilu. Dia berharap Pemilu kali ini menghasilkan pemerintahan baru yang kuat.

“Hari ini semua orang akan datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru dan pemerintahan baru, dan kita akan menyaksikan pemerintahan baru akan mengambil alih, insyaallah segera,” jelasnya.

“Kami memiliki empat kandidat seperti yang Anda lihat. Mereka memiliki perbedaan pandangan dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan politik, dan juga pandangan internasional. Jadi, siapa yang akan terpilih akan menentukan kebijakan dan bagaimana mengatur benua ini,” lanjutnya.

Dia mengatakan Indonesia dan Iran akan memiliki pemimpin baru. Dia berharap kerja sama kedua negara dapat terus terjalin.

“Jadi, anda memiliki pemerintahan baru, kami juga memiliki pemerintahan baru. Insyaallah, kita akan disaksikan oleh kedua Presiden. Tentu saja, Presiden baru Republik Indonesia akan segera berkunjung ke Iran dan setelahnya, tentu saja, kita akan memiliki hubungan yang sangat baik,” ujarnya.

(amw/haf)

Membagikan
Exit mobile version