Kamis, September 19


Klaten

2 Bule dari Swiss tiba-tiba saja ikut jadi Sinoman alias pramusaji di acara hajatan orang Jawa. Sang pengantin yang punya acara pun kaget bukan main.

Aksi dua pria asal Swiss menjadi sinoman atau mengantar makanan ke tamu di resepsi ngunduh mantu di Dusun Karangasem, Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Klaten viral di media sosial.

Tak hanya bikin para tamu ‘salfok’ alias salah fokus, kehadiran dua bule itu juga bikin kaget si pengantin.


“Kami juga kaget saat bule itu muncul pertama kali. (Munculnya) yang kedua langsung dirubung warga, diajak bicara dan foto,” kata Agung Prasetyo (24) si pengantin pria saat ditemui di rumahnya, Rabu (18/9) kemarin.

Agung mengatakan, acara boyongan atau ngunduh mantu itu digelar di rumahnya pada Senin (16/9) lalu. Dia mengaku kaget karena sebelumnya tidak tahu akan ada warga mancanegara yang ikut bergabung menjadi sinoman.

“Kan ini acara boyongan, Minggu saya di sana (rumah istri), Senin baru ke sini. Jadi belum sempat ngobrol, aku juga kaget,” ujar Agung.

Dua bule itu bernama Robin Amrhein dan Dominic Giovanoli. Usia mereka 17-18 tahun. Keduanya merupakan teman si Ahmad Bilal, tetangga Agung yang bekerja di Bali. Dua bule itu ikut Bilal pulang ke Klaten untuk sekadar main dan berkenalan dengan keluarga Bilal.

Saat ikut Bilal nyinom di resepsi ngunduh mantu itu, dua bule tersebut juga memakai baju batik dan berpeci. Satunya pakai sarung, satunya lagi pakai celana panjang. Mereka ikut berbaur dan berbagi tugas dengan para pemuda setempat.

“Ya bawa baki kayak lainnya, dari awal sampai akhir ikut. Mengantar snack sampai makanan. Di akhir acara mereka juga ikut foto-foto sama keluarga besar,” ucap Agung.

Menurut Agung, kehadiran dua bule itu membuat momen pernikahannya dengan Aminah Azzahro jadi lebih spesial.

“Sempat saya videokan, sempat dengan HP,” imbuh Agung.

Ahmad Bilal (34) teman kedua bule itu menambahkan, kejadian yang belakangan viral itu serba kebetulan. Termasuk soal baju batik yang dikenakan kedua teman bulenya itu.

“Bajunya ya kebetulan. Hari Minggu itu kan sempat saya antar ke Ponggok, Candi Prambanan, dan ke Malioboro. Nah beli baju batik itu untuk kenang-kenangan,” kata Bilal.

Diberitakan sebelumnya, aksi dua pria bule menjadi sinoman di acara pernikahan di Klaten viral di media sosial. Video dua bule nyinom itu diunggah di akun Facebook KabarKlaten dan di akun TikTok @panitia_kembar. Hingga siang tadi, video dua bule di TikTok itu sudah diputar 3,4 juta kali.

Dalam video itu terlihat kedua bule tersebut tampak berbaur di tengah riuhnya dapur rumah warga bersama para pemuda sinoman lainnya. Keduanya lalu berjalan membawa nampan berisi berbagai macam kue untuk dihidangkan ke tamu. Wajah mereka tampak semringah.

——–

Artikel ini telah naik di detikJateng.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version