Jumat, Oktober 4

Jakarta

Hari ini, Google Doodle merayakan ulang tahun ke-94 Abdullah Totong Mahmud atau yang lebih dikenal dengan A.T. Mahmud, seorang maestro lagu anak-anak Indonesia yang legendaris.

Google Doodle hari ini menampilkan ilustrasi A.T. Mahmud dengan kacamata dan kumis khasnya, dikelilingi oleh anak-anak yang riang gembira. Ilustrasi ini juga dilengkapi dengan gambar gitar, yang melambangkan kecintaan A.T. Mahmud terhadap musik.


Profil A.T Mahmud

A.T. Mahmud lahir di Palembang pada 3 Oktober 1930 dan telah mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan lagu-lagu yang menghibur dan mendidik anak-anak Indonesia. Karya-karyanya yang ceria dan penuh makna telah menemani masa kecil berbagai generasi, bahkan hingga saat ini.

Minatnya dalam menyanyi dan menari muncul pada usia dini, dan dia mulai belajar musik secara formal ketika dia berusia 11 tahun. Dia menghadiri Institut Pelatihan Guru Jakarta dan, melalui beasiswa pemerintah, menerima pekerjaan mengajar di Australia.

Profil AT Mahmud dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Salah satunya lagu ciptaan AT Mahmud yang paling terkenal adalah “Pelangi”. Ini sosok AT Mahmud. Foto: Istimewa

Ketika dia kembali ke Indonesia, A.T. Mahmud menjadi guru di sekolah untuk guru TK dan mulai menulis lagu untuk murid-muridnya. Lagu yang dibuat mudah dinyanyikan dan diingat, dengan sajak yang cerdas dan melodi yang menarik.

Sepanjang kariernya, Mahmud menulis lebih dari 500 lagu anak-anak yang berbeda termasuk hits seperti Pelangi, Ambilkan Bulan, dan Anak Gembala. Dia sempat menjadi pembawa acara dua acara televisi musikal berjudul Lagu Pilihanku dan Ayo Menyanyi selama 20 tahun.

Kontribusi Mahmud terhadap musik dan pendidikan anak-anak membuatnya mendapatkan Penghargaan Seniman dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup AMI, dan Medali Dharma Bintang Budaya Parama.

Dia juga menulis sebuah memoar autobiografi berjudul A.T. Mahmud Meniti Pelangi: Sebuah Memoir pada tahun 2003. Sang maestro wafat pada tanggal 27 Juli 2018.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version