Jakarta –
Apple baru saja mengumumkan pemenang untuk penghargaan App Store Award tahun 2024, merayakan aplikasi dan game terbaik di platform mereka.
“Kami sangat gembira dapat memberikan penghargaan kepada kelompok pengembang mengagumkan ini yang memanfaatkan perangkat dan teknologi Apple untuk memberikan pengalaman yang memperkaya kehidupan pengguna dan memberikan dampak yang besar pada komunitas mereka,” ujar Tim Cook, CEO Apple. “Pencapaian luar biasa dari para pemenang tahun ini menunjukkan kecerdasan luar biasa yang dapat diwujudkan melalui aplikasi.”
Daftar Pemenang Kategori Aplikasi
- iPhone App of the Year: Kino, dibuat oleh Lux Optics Inc.
- iPad App of the Year: Moises, dibuat oleh Moises Systems Inc.
- Mac App of the Year: Adobe Lightroom, dibuat oleh Adobe Inc.
- Apple Vision Pro App of the Year: What If…? An Immersive Story, dibuat oleh Disney.
- Apple Watch App of the Year: Lumy, dibuat oleh Raja V.
- Apple TV App of the Year: F1 TV, dibuat oleh Formula One Digital Media Limited.
Daftar Pemenang Kategori Game
- iPhone Game of the Year: AFK Journey, dibuat oleh Farlight Games.
- iPad Game of the Year: Squad Busters, dibuat oleh Supercell.
- Mac Game of the Year: Thank Goodness You’re Here!, dibuat oleh Panic, Inc.
- Apple Vision Pro Game of the Year: THRASHER: Arcade Odyssey, dibuat oleh Puddle, LLC.
- Apple Arcade Game of the Year: Balatro+, dibuat oleh Playstack Ltd.
Pemenang yang Berikan Dampak Budaya
Selain memberikan penghargaan aplikasi dan game terbaik tahun ini di seluruh platformnya, Apple telah memilih enam pemenang Dampak Budaya untuk tahun 2024. Aplikasi-aplikasi ini diakui karena dampak berkelanjutan yang mereka buat dalam kehidupan pengguna.
“Pemenang tahun ini memberdayakan pengguna untuk memanfaatkan keingintahuan intelektual mereka, menumbuhkan hubungan di antara keluarga dan teman, dan memperjuangkan dunia yang lebih mudah diakses,” kata Apple.
Aplikasi Oko, EF Hello dan DailyArt. Foto: Apple
|
Oko buatan AYES BV
Oko menggabungkan inovasi dan kesederhanaan untuk membantu pengguna tunanetra atau yang memiliki gangguan penglihatan menjelajahi jalan-jalan kota dengan percaya diri.
EF Hello buatan Signum International AG
Didukung oleh AI, EF Hello mengintegrasikan pendekatan pembelajaran sistematis untuk mendukung pelajar bahasa di semua tingkatan, membantu mereka meningkatkan komunikasi dan terlibat lebih baik dengan dunia di sekitar mereka.
DailyArt buatan Zuzanna Stanska
Dengan menghubungkan pengguna ke karya seni luar biasa lintas abad dan pergerakan, DailyArt memicu keingintahuan intelektual dan rasa ingin tahu pengguna.
NYT Games buatan The New York Times Company
Menawarkan awal hari yang menyenangkan, NYT Games menghubungkan keluarga dan teman lintas generasi dengan berbagai permainan harian yang seru dan sederhana.
The Wreck buatan The Pixel Hunt
Menampilkan adegan sinematik dan narasi interaktif, The Wreck menggambarkan perjuangan batin pikiran saat menghadapi krisis.
Do You Really Want to Know 2 buatan Gamtropy Co., Ltd
Do You Really Want to Know 2 mengeksplorasi nuansa hidup dengan HIV, menawarkan sumber daya lokal dan materi pendidikan kepada pengguna untuk mengarahkan percakapan dengan keluarga dan teman.
(afr/afr)