Kamis, Maret 6


Jakarta

Hampir seluruh turis Indonesia berencana ke luar negeri pada tahun ini. Jumlahnya begitu banyak dan negara tujuannya yakni ke Jepang hingga Korea Selatan.

Jadi, pertumbuhan pariwisata global meningkat signifikan pada 2024. Fenomena ini juga mendorong wisatawan Indonesia ingin berlibur menikmati destinasi wisata di luar negeri.

“Dari Survei Klook Travel Pulse misalnya, terungkap sebanyak 91% dari wisatawan Indonesia berencana melakukan wisata internasional di 2025,” kata General Manager Klook untuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia, Sarah Wan, dalam siaran resmi Rabu (5/3/2025).


Survei Klook Travel Pulse yang dilakukan pada Desember 2024 melalui GlobalWebIndex (GWI), mencakup total 7.000 responden di 14 negara, termasuk Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Jepang, Australia, China Daratan, India, Indonesia, dan Amerika Serikat.

Menurut Sarah, banyak di antara wisatawan Indonesia akan menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga di luar negeri. Dari survei terungkap 55% dari wisatawan Indonesia akan melakukan wisata internasional dalam 3-6 bulan ke depan, termasuk pada periode lebaran.


“Kami melihat semakin banyak warga Indonesia yang menghabiskan momen Lebaran bersama keluarga untuk berwisata ke luar negeri,” tuturnya.

General Manager Klook untuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia, Sarah Wan (Istimewa)

Berdasarkan survei ditemukan ada tiga destinasi favorit wisatawan Indonesia pada 2025 yaitu Jepang, Singapura dan Korea Selatan. Adapun Kota destinasi favorit untuk wisatawan yang ingin berwisata ke Jepang adalah Tokyo dan Osaka, dua kota terbesar di Jepang.

“Melihat antusias wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Jepang, Klook Travel Station akan memberikan banyak promosi wisata Jepang, termasuk beli 1 gratis 1 untuk Universal Studios Jepang, diskon 50% untuk semua destinasi, dan 30% untuk tiket Shinkansen sekali jalan,” ujar Sarah.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan bisa langsung memilih tempat duduk di Shinkansen dengan pemandangan gunung Fuji atau memiliki opsi tempat duduk dengan penyimpanan bagasi besar.

Kemudian, wisatawan juga lebih mudah masuk stasiun hanya dengan fitur scan QR code yang langsung diperoleh di aplikasi Klook saat pembelian.

Dia menambahkan dari survei juga ditemukan 4 dari 5 wisatawan memiliki keterbatasan finansial dalam berwisata. Akan tetapi, sebanyak 62% dari wisatawan bersedia untuk menghabiskan setengah dari budget wisata guna mendapatkan pengalaman seperti atraksi dan tur.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version