Jumat, Juni 28

Jakarta

Tiada hari tanpa makan daging. Hal ini lumrah terjadi di masa Hari Raya Idul Adha. Daging kurban diolah menjadi sate, gulai, tengkleng, tongseng, dan berbagai macam masakan.

Sebagian orang khawatir akan mengalami peningkatan kolesterol karena kebanyakan makan daging, terutama bagian yang berlemak. Untuk menetralkannya, detikers bisa mengkonsumsi 9 minuman antikolesterol berikut ini.

Minuman Penghancur Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

Berikut ini 9 minuman yang dapat menurunkan lemak atau kolesterol, seperti dikutip dari Medical News Today dan Healthline:


1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total. Penelitian menunjukkan konsumsi teh hijau yang lebih tinggi berhubungan dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

2. Teh Hitam

Selain teh hijau, ada juga teh hitam yang juga bisa menetralkan lemak. Teh ini pun cukup populer digunakan sebagai campuran dalam minuman pelangsing. Teh hitam punya kandungan polifenol, yaitu senyawa antioksidan yang bisa merangsang pemecahan lemak.

3. Smoothie Berry

Buah beri juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol karena kaya akan antioksidan dan serat. Buah beri tersebut juga rendah kalori dan lemak. Buah ini seperti stroberi, bluberi, dan rasberi.

Buah ini bisa dibuat smoothie dengan cara mencampurkan dua genggam buah beri atau sekitar 80 gram, dengan air dingin dan setengah cangkir susu rendah lemak atau yoghurt rendah lemak. Takaran bisa diubah sesuai selera dan kebutuhan detikers.

4. Jus Tomat

Tomat sering kali menjadi makanan pendamping daging karena mengandung likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. Kamu bisa menyajikannya sebagai jus yang nikmat dan mencampurkannya dengan buah beri.

5. Minuman Kedelai

Banyak produk kedelai yang bisa ditemukan di toko, misalnya susu kedelai, atau minuman kedelai lainnya. Kandungan lemak jenuhnya rendah sehingga baik dikonsumsi orang dengan kolesterol tinggi.

6. Minuman Kakao

Minuman kakao mengandung kolesterol baik atau HDL yang tinggi dan dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sehingga baik dikonsumsi setelah kalap makan daging kurban.

Namun detikers harus tetap melihat kadar nutrisi di kemasan jika membeli di toko. Pastikan cokelat itu tidak mengandung lemak jenuh, serta rendah gula dan garam.

7. Minuman Gandum

Oat atau gandum tak hanya dibuat makanan rendah lemak, tetapi ada juga berbagai minuman gandum yang dijual di pasaran. Gandum mengandung beta-glukan yang mampu menciptakan zat seperti gel di dalam usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut ini bisa menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.

8. Smoothie Susu Nabati

Minuman smoothie lainnya adalah campuran buah dengan susu nabati, seperti susu kedelai atau susu oat. Buah yang bisa dicampurkan antara lain pisang, anggur, plum, mangga, melon, bayam, kangkung, dan labu kuning.

9. Air Lemon

Mengkonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan hidrasi sekaligus merangsang kerja metabolisme agar tubuh siap membakar kalori. Air lemon tanpa tambahan gula juga mengandung nol kalori yang tentunya cocok dikonsumsi untuk menetralkan lemak.

Nah, itulah tadi 9 minuman antikolesterol yang enak dikonsumsi untuk menetralkan lemak usai Idul Adha. Konsumsi minuman sebaiknya jangan diberi gula tambahan, untuk menjaga kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan.

(bai/row)

Membagikan
Exit mobile version