Senin, Oktober 21


Jakarta

Pantai-pantai di kota Sydney, Australia, telah dibuka kembali untuk para traveler. Itu setelah sebelumnya ditutup pada awal pekan ini ketika ribuan bola hitam misterius terdampar di pantai dan menimbulkan kekhawatiran akan kesehatan.

Mengutip BBC, Minggu (20/10/2024), para pejabat mengatakan bahwa hasil tes menunjukkan bahwa bola-bola tersebut berasal dari bahan kimia yang serupa dengan bahan kimia yang digunakan dalam produk kosmetik dan produk pembersih. Namun belum diketahui secara pasti dari mana bola-bola tersebut berasal.

Delapan pantai termasuk Bondi atau pantai yang paling terkenal di kota itu telah ditutup dan pembersihan besar-besaran diperintahkan di tengah kekhawatiran bahwa endapan hitam itu mungkin beracun.


Menteri Lingkungan Hidup New South Wales, Penny Sharpe, mengatakan bahwa penyelidikan masih terus dilakukan untuk menentukan sumber pencemaran dan siapa yang bertanggung jawab.

Otoritas maritim negara bagian tersebut mengatakan bahwa bola-bola tersebut tidak terlalu beracun bagi manusia, namun tidak boleh disentuh atau diambil.

“Berdasarkan saran dari Otoritas Perlindungan Lingkungan, kami sekarang dapat mengonfirmasi bahwa bola-bola tersebut terbuat dari asam lemak, bahan kimia yang sama seperti yang ditemukan pada produk pembersih dan kosmetik, yang bercampur dengan sejumlah bahan bakar minyak,” ujar Direktur Eksekutif Maritim New South Wales, Mark Hutchings.

Benda asing di pantai-pantai Sydney (Foto: BBC)

Otoritas Perlindungan Lingkungan New South Wales (EPA) mengatakan bahwa pengujian laboratorium masih terus berlanjut. Mereka ingin menentukan dari mana bola-bola tersebut berasal, lapor kantor berita Reuters.
“Ini masih menjadi misteri dan mungkin perlu waktu beberapa hari lagi untuk menentukan asalnya,” ujar Direktur Eksekutif EPA, Stephen Beaman.

“Bola-bola ter tersebut tidak berbahaya jika berada di permukaan tanah, namun tidak boleh disentuh atau dipungut,” ujar Hutchings, sebagaimana dikutip lembaga penyiaran Australia, ABC.

“Jika Anda melihat bola-bola ini, segera laporkan kepada penjaga pantai. Jika Anda atau keluarga Anda tidak sengaja menyentuhnya, cucilah tangan Anda dengan sabun dan air atau baby oil,” imbuh dia.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version