Senin, September 30

Jakarta

Memiliki perut buncit membuat sebagian orang jadi tidak percaya diri. Hal itu umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak di bagian perut. Lemak yang menumpuk tersebut bisa disebabkan oleh pola makan tidak sehat atau kurang aktivitas fisik.

Meski begitu, perut buncit dapat dihilangkan dengan mudah tanpa harus menjalani diet ekstrem. Sebab, diet ekstrem juga tidak baik untuk kesehatan dan justru memicu sejumlah penyakit, seperti malnutrisi hingga menurunnya sistem imun tubuh.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut buncit? Simak pembahasannya dalam artikel ini.


Cara Mengecilkan Perut Buncit

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit tanpa harus diet ekstrem. Dilansir laman Medical News Today dan Healthline, berikut sejumlah caranya:

1. Kurangi Minuman Manis

Mengkonsumsi minuman manis memang begitu nikmat di mulut. Namun, terlalu sering mengkonsumsinya dapat menyebabkan berat badan naik.

Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat meningkatkan asupan kalori tanpa memberikan rasa kenyang yang berkelanjutan. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga memicu peningkatan kadar gula dan insulin.

Meski begitu, sah-sah saja jika ingin mengkonsumsi minuman yang manis karena dapat meningkatkan mood. Tetapi, jangan terlalu sering dan batasi jumlah gulanya.

2. Konsumsi Makanan Berkalori Rendah

Selain mengurangi konsumsi gula, kurangi juga makanan yang berkalori tinggi. Agar perut buncit cepat kempis, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang jumlah kalorinya lebih sedikit daripada yang dibakar tubuh.

Ketika mengkonsumsi makanan lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh, hal ini menciptakan defisit kalori. Kondisi tersebut memaksa tubuh untuk menggunakan cadangan energi yang tersimpan, yang sering kali berasal dari lemak, untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Jika terus mempertahankan defisit kalori lewat kombinasi diet dan aktivitas fisik yang teratur, secara perlahan lemak di perut bisa berkurang dan perut buncit bisa hilang.

3. Pola Makan Seimbang

Menerapkan pola makan yang seimbang juga penting dilakukan untuk mengecilkan perut buncit. Selain mengkonsumsi makanan rendah kalori, imbangi juga dengan makanan yang mengandung serat tinggi karena dapat mengendalikan nafsu makan, sehingga menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Kurangi juga konsumsi makanan yang digoreng atau dibakar. Sebaiknya perbanyak makan-makanan sehat, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan putih telur. Hal ini agar tubuh memperoleh gizi yang seimbang dari karbohidrat, protein, dan vitamin.

4. Pilih Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Cukup banyak makanan yang mengandung lemak tinggi tapi tetap sehat, seperti alpukat, almond, kenari, hingga berbagai jenis ikan seperti salmon, sarden, serta trout.

Mengkonsumsi makanan lemak sehat dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara menyeluruh. Soalnya, lemak sehat merupakan bagian penting dalam proses mengecilkan perut buncit.

Selain itu, lemak sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

5. Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Tak hanya soal kandungan gizinya saja, tetapi cara makannya juga harus diperhatikan. Disarankan untuk mengunyah makanan secara perlahan sampai lembut, baru setelah itu ditelan.

Cara tersebut dilakukan agar makanan yang masuk ke lambung dapat dicerna dengan sempurna. Selain itu, mengunyah makanan sampai lembut juga turut memberikan efek kenyang lebih lama. Soalnya, otak juga membutuhkan waktu dalam memproses bahwa kamu sudah cukup makan.

6. Selalu Sarapan

Banyak orang yang memilih tidak sarapan agar berat badan bisa cepat turun sekaligus menghilangkan perut buncit. Padahal, cara tersebut salah.

Justru, sarapan menjadi sangat penting dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena sarapan dapat membantu tubuh dalam mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan.

Oh ya, pilih makanan yang sehat, bergizi, dan mengeyangkan ketika sarapan, seperti jus buah segar, buah potong, putih telur, atau susu murni.

7. Rutin Olahraga

Selain mengkonsumsi makanan sehat, dianjurkan juga untuk rutin berolahraga demi mengecilkan perut buncit. Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membakar lemak tubuh secara menyeluruh, termasuk di sekitar perut.

Beberapa jenis olahraga yang dapat membakar lemak perut secara efektif di antaranya jogging, bersepeda, atau kardio. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu.

Selain itu, latihan kekuatan atau resistance training juga penting, seperti angkat beban atau latihan body weight. Cara ini dapat membantu membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh dalam jangka panjang.

8. Hindari Stres

Stres bisa jadi pemicu berat badan bertambah sekaligus menyebabkan perut buncit, lho. Soalnya, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol.

Jika hormon kortisol tidak terkendali, hal itu bisa meningkatkan tekanan darah serta kadar gula dalam darah, yang mana bisa memicu penyakit diabetes.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengelola stres sebaik mungkin demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Cara mudah untuk menghilangkan stres bisa melakukan yoga atau meditasi.

Jadi, mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus diet ekstrem hingga menyiksa diri. Lakukan cara di atas secara perlahan dan tetap konsisten agar hasilnya maksimal.

(ilf/inf)

Membagikan
Exit mobile version