Kamis, Oktober 3

Jakarta

Mengetahui kondisi cuaca sangat penting bagi sebagian orang, terutama yang pekerjaannya bergantung dengan cuaca, seperti nelayan, pekerja bangunan, dan sebagainya.

Di jaman modern ini, telah dikembangkan berbagai aplikasi cuaca yang dapat dengan mudah diakses menggunakan smartphone. Berikut ini beberapa aplikasi cuaca terbaik di Android dan iOS, baik yang gratis maupun berbayar.

Aplikasi Cuaca di Android dan iOS Gratis

Dilansir dari PC Mag, berikut ini beberapa aplikasi terbaik untuk prakiraan cuaca dan pengukur cuaca yang dapat digunakan secara gratis.


1. AccuWeather

AccuWeather memiliki laman utama yang disebut Now. Laman ini akan menampilkan informasi yang cukup lengkap mengenai kondisi cuaca saat ini, seperti suhu udara indeks ultraviolet, kelembapan, jarak pandang, titik embun, tekanan udara, serta kecepatan dan arah angin.

AccuWeather juga menyediakan bagian berita untuk menonton video tentang prakiraan cuaca yang akan datang.

Aplikasi AccuWeather dapat kamu download secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

2. The Weather Channel

Aplikasi Weather Channel menawarkan fitur-fitur yang canggih dan mumpuni. Data yang diambil dari radar lokal memungkinkan untuk memberikan informasi yang lebih akurat menurut lokasinya.

Aplikasi ini dapat memberikan informasi prakiraan cuaca per hari bahkan per jam. Selain itu, tersedia pula fitur untuk melacak pergerakan badai hingga 24 jam ke depan, serta peringatan hujan lebat, badai salju, dan lain sebagainya.

The Weather Channel merupakan aplikasi cuaca di Android dan iOS yang cukup populer. Per September 2024, Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android dan meraih rating 4,7 bintang.

3. Weather Underground

Meski popularitasnya kini diungguli oleh The Weather Channel, Weather Underground tetap menjadi pilihan aplikasi cuaca yang layak dimiliki dengan berbagai fitur yang disajikannya.

Weather Underground menyediakan fitur prakiraan cuaca yang cerdas, pelacakan badai yang terperinci, dan pembacaan kualitas udara dan suhu, serta tautan cepat ke konten-konten di situs web Wunderground.

Di samping itu, aplikasi ini juga menerapkan kebijakan yang menghargai privasi data pengguna.

4. What The Forecast

What The Forecast adalah aplikasi cuaca di Android dan iOS yang cocok untuk masyarakat awam, terutama generasi muda. Pasalnya, aplikasi ini menampilkan rangkuman prakiraan cuaca menggunakan bahasa sehari-hari dan bernada humor.

Misalnya “Yeah, it may feel nice outside, but it would be nicer if you had a puppy. And that puppy puked money” (Ya, mungkin terasa menyenangkan di luar, tetapi akan lebih menyenangkan jika kamu memiliki anak anjing. Dan anak anjing itu memuntahkan uang).

What The Forecast menyediakan informasi cuaca yang cukup lengkap, seperti temperatur udara, kecepatan angin, kelembapan udara, titik embun, tekanan udara, UV indeks, dan jarak pandang.

5. Yahoo Weather

Aplikasi Yahoo Weather menyediakan informasi cuaca yang lengkap sebagaimana aplikasi cuaca terbaik pada umumnya, tapi dalam versi yang disempurnakan.

Pengguna juga bisa lebih leluasa merencanakan hari dengan mengandalkan informasi prakiraan cuaca per jam, per 5 hari, dan per 10 hari.

Buat kamu yang menyukai fotografi, sepertinya cocok memiliki aplikasi Yahoo Weather. Sebab aplikasi ini menyediakan foto-foto aestetis dari Flickr yang bisa dijadikan background sesuai dengan kondisi cuaca.

Aplikasi Cuaca di Android dan iOS yang Berbayar

Masih dilansir dari PCMag, berikut ini beberapa pilihan aplikasi cuaca di Android dan iOS yang berbayar. Cocok untuk kalangan profesional.

1. Carrot Weather

Di pilihan pertama aplikasi cuaca berbayar untuk pengguna Android maupun iOS ada Carrot Weather.

Pada dasarnya, kamu tetap bisa menggunakan Carrot Weather secara gratis. Hanya saja saat ini, fitur-fitur unggulan pada aplikasi ini terkunci dan hanya bisa diakses setelah berlangganan.

Fitur-fitur tersebut termasuk pelacakan data untuk menentukan cuaca optimal untuk kondisi medis tertentu, seperti alergi, radang sendi (artritis), migrain, dan penyakit lainnya.

2. Weather Radar by WeatherBug

WeatherBug merupakan penyedia layanan informasi cuaca yang telah cukup lama berdiri, yakni sejak tahun 2000. Sebelum merambah ke aplikasi smartphone, WeatherBug dulunya merupakan aplikasi cuaca bawaan di WindowsXP.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur unik seperti pendeteksi petir dan akses ke kamera luar untuk memberi Anda gambaran sekilas tentang kondisi cuaca yang sebenarnya.

WeatherBug dapat digunakan dalam versi gratis. Namun sebaiknya gunakan versi berbayar agar terbebas dari iklan yang mengganggu.

3. FlowX

Flowx dulunya merupakan aplikasi khusus Android, tapi kini juga tersedia dalam versi iOS. Aplikasi ini mengambil data dari berbagai sumber lokal dan global untuk memberikan prakiraan yang seakurat mungkin kepada pengguna.

Informasi cuaca yang disediakan oleh FlowX sangat lengkap, mencapai lebih dari 30 jenis data dan lebih dari 20 model prakiraan cuaca. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan bagi kalangan profesional.

Opsi berlangganan diperlukan untuk mengakses fitur-fitur FlowX secara lengkap. Terdapat 2 pilihan langganan yaitu Silver Subscription dan Gold Subscription.

Demikianlah informasi mengenai beberapa aplikasi cuaca di Android dan iOS. Kamu bisa memilih aplikasi yang gratis atau berbayar, sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

(inf/fds)

Membagikan
Exit mobile version