Senin, Oktober 21

Jakarta

Tiga penelitian baru telah mengungkap asal usul sebagian besar meteorit yang menghantam Bumi. Hasil penelitian menghubungkannya dengan tabrakan di masa lalu yang relatif baru.

Bumi setiap hari dibombardir oleh sekitar 44 ribu kilogram material meteor. Sebagian besar batu luar angkasa tersebut terbakar tanpa membahayakan di atmosfer kita, namun beberapa yang berhasil mencapai permukaan dapat dipelajari, untuk melihat komposisinya.

Pengetahuan ini dapat memberi tahu kita apakah mereka berasal dari keluarga asteroid yang sama, misalnya, jika sebuah asteroid besar pecah, dengan beberapa pecahan tersebut akhirnya menghantam Bumi.


Hingga saat ini, hanya sekitar 6% meteorit yang telah dilacak kembali ke sumbernya. Ini adalah meteorit yang berasal dari Vesta (asteroid terbesar kedua di Tata Surya), Bulan, dan Mars, dan dikenal sebagai akondrit.

“Meteorit terbagi dalam dua kategori besar, kondrit, yang merupakan bagian-bagian yang hampir murni dari Tata Surya awal sebelum planet terbentuk, dan akondrit, yang berasal dari benda-benda yang berbeda, yaitu planet atau asteroid dengan lapisan inti, mantel, dan kerak,” demikian penjelasan sebuah makalah tentang topik tersebut seperti dikutip dari IFL Science.

Kondrit, yang merupakan sebagian besar meteorit yang tersisa, mungkin tidak terlihat semenarik akondrit, namun secara ilmiah sama menariknya. Sebuah tim peneliti internasional, yang dipimpin oleh French National Centre for Scientific Research (CNRS), European Southern Observatory (ESO), dan Charles University, telah mempelajari kelas meteorit ini secara terperinci.

Tim tersebut menemukan bahwa 70% dari semua meteorit yang jatuh ke Bumi berasal dari tiga keluarga asteroid, yang dikenal sebagai Karin, Koronis, dan Massalia. Keluarga meteorit yang lebih kecil ini kemungkinan besar terbentuk oleh tabrakan yang relatif baru, menurut hitungan astronomi, yang terjadi sekitar 5,8 juta, 7,5 juta, dan 40 juta tahun yang lalu.

“Pecahnya pecahan ini, termasuk keluarga Karin yang terkenal, terjadi di keluarga Koronis dan Massalia yang menonjol namun tua dan merupakan asal mula dominasi kondrit biasa H dan L di antara jatuhnya meteorit,” tim lain menjelaskan dalam makalah mereka.

“Keluarga muda ini dibedakan di antara semua asteroid sabuk utama karena memiliki kelimpahan fragmen kecil yang sangat tinggi. Distribusi ukuran-frekuensi mereka tetap curam selama beberapa puluh juta tahun, melampaui sementara produksi fragmen berukuran meteran oleh keluarga asteroid tua terbesar (misalnya, Flora dan Vesta).”

Yang menarik adalah keluarga asteroid Massalia, yang menyumbang lebih dari 20% jatuhnya meteorit saat ini.

“Studi mikrometeorit di batu kapur pertengahan Ordovisium dan kawah tumbukan di Bumi menunjukkan bahwa planet kita menyaksikan jatuhnya material kondrit biasa L secara besar-besaran sekitar 466 juta tahun yang lalu yang mungkin merupakan asal mula zaman es Ordovisium dan pergantian besar dalam keanekaragaman hayati,” kata tim lain menjelaskan dalam makalah mereka.

Pecahnya asteroid besar di sabuk utama kemungkinan menjadi penyebab jatuhnya meteorit ini. Sementara Karin, Koronis, dan Massalia merupakan sebagian besar meteorit, objek dekat Bumi (NEO) yang lebih besar dan lebih menakutkan ditemukan berasal dari tempat lain.

“Untuk NEO berukuran kilometer, model kami menunjukkan bahwa sebagian besar berasal dari hanya dua keluarga: Polana dan Euphrosyne. Di sisi lain, aliran kondrit karbon berukuran meter didominasi oleh hanya satu keluarga: Veritas,” satu tim menjelaskan dalam makalah mereka.

Mempelajari keluarga asteroid ini akan membantu kita mengetahui kemungkinan Bumi dibombardir oleh mereka. Tabrakan asteroid besar yang terjadi baru-baru ini, misalnya, dapat menimbulkan ancaman yang lebih besar, yang memicu lebih banyak tabrakan dan kekacauan yang dapat memungkinkan pecahannya terlepas dari sabuk asteroid dan menempatkannya pada jalur tabrakan dengan Bumi.

Selanjutnya, tim peneliti berencana untuk melanjutkan studi mereka, dengan fokus pada keluarga asteroid muda yang terbentuk kurang dari 50 juta tahun lalu.

(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version