Senin, Oktober 14

Jakarta

Di sekitar Jakarta ada sejumlah resto yang menawarkan suasana tradisional bak di pedesaan. Area makannya yang di atas saung, dilengkapi furnitur klasik, hingga menggunakan piring-cangkir jadul.

Bukan hanya itu, menu makanan yang disuguhkan juga khas Nusantara dengan cita rasa yang mantul. Bersantap di sana benar-benar seperti berada di kampung halaman deh. Kalau tertarik, kunjungi tempat makan terdekat dari Jakarta berikut ini yang memberikan suasana pedesaan.

Tempat Makan Terdekat dari Jakarta dengan Suasana Pedesaan

Berikut rekomendasi resto dekat dari Jakarta yang kental dengan nuansa tradisional:


1. Warung Tuman BSD

Warung Tuman di Tangerang Selatan. Foto: Syanti Mustika/detikcom
  • Lokasi: Jl. Ciater Tengah, Serpong, Tangerang Selatan
  • Jam Buka: Selasa-Jumat (09.00-17.30), Sabtu-Minggu (08.00-17.30)

Warung Tuman memiliki konsep outdoor yang menyatu dengan alam. Tempat makan ini sangat bernuansa tradisional, terlihat dari furnitur serba bambu dan kayu hingga peralatan piring dan gelas jadul dari seng enamel.

Menu yang ditawarkan memadukan kuliner khas Minang dan Jawa. Mulai dari mangut ikan pari asap, nila calabalatuik, gulai bareh, ikan bilih lado ijo, hingga telur berenda dan tempe mendoan. Untuk minumannya dapat ditemukan aneka wedang hangat sampai es kopsuren.

Harga menu di Warung Tuman masih terjangkau, sekitar Rp 12.000-50.000 per porsi.

2. Sawah Segar Sentul

Sawah Segar Sentul Foto: dok. Instagram @sawahsegarsentul
  • Lokasi: Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Bogor
  • Jam Buka: Selasa-Jumat (10.00-18.00), Sabtu-Minggu (08.00-18.00)

Di Sawah Segar, pengunjung dapat bersantap sambil refreshing dengan menikmati view persawahan dan udara sejuk Bogor. Konsep tempatnya juga bak di pedesaan dengan saung joglo hingga meja-bangku klasik.

Menu di sini juga tak kalah menggiurkan. Masakan yang ditawarkan khas lokal, seperti nasi liwet, pecak ikan, iga penyet, sop buntut, karedok, hingga pindang asem. Tapi ada juga menu pasta, aneka makanan ringan, serta minuman segar. Harga menunya bervariasi, mulai dari Rp 20.000.

Tempat makan ini juga memiliki cabang yang masih di Sentul juga yaitu Sawah Segar 2 di Jalan Karang tengah Sentul, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

3. Omah Badok

Restoran Omah Badok di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Foto: dok. Instagram @omahbadok
  • Lokasi: Jl. Pengairan No. 71, Pondok Aren, Tangerang Selatan
  • Jam Buka: Senin-Jumat (10.00-21.00), Sabtu-Minggu (08.00-21.00)

Resto di Pondok Aren ini menawarkan suasana pedesaan asri dengan ruang makan berkonsep saung hingga pendopo, jadi cocok untuk mengajak keluarga maupun rombongan. Begitu juga area dapurnya yang open kitchen, sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses masak menunya.

Untuk masakan yang disuguhkan bercita rasa nusantara. Bisa ditemukan nasi liwet plus lalapan dan sambal, dendeng balado, garang asem, hingga tumis pucuk ubi.

Menariknya, di sini terdapat jajanan pasar yang dapat dijajal, seperti bugis, gemblong, kue talam, ketan, ongol-ongol, kue lumpur, hingga klepon.

4. Saung Berkah Resto

Saung Berkah Resto di Cibinong, Bogor. Foto: dok. Instagram @saungberkahresto
  • Lokasi: Jl. HR Lukman No. 2, Cirimekar, Cibinong, Bogor
  • Jam Buka: Senin-Kamis (10.00-21.00), Jumat-Minggu (10.00-22.00)

Ini adalah restoran tepi danau yang terletak di Cibinong. Saung makan di sana berada di atas kolam, tapi juga ada area duduk persis di samping danaunya sehingga bisa bersantap sambil merasakan sensasi semilir angin yang berhembus.

Makanan yang disajikannya khas lokal. Pengunjung dapat mencicipi aneka menu ikan, ayam, daging , bebek dan seafood seperti kerang, kerang, dan cumi. Untuk menu sayur bisa menjajal tumis genjer, capcay, hingga cah kangkung. Harga masakan di sini masih terjangkau, mulai dari Rp 20.000.

5. Warung Kondre

Warung Kondre Foto: Riska Fitria/detikcom
  • Lokasi: Jl. Masjid Arriyadh, Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan
  • Jam Buka: Senin-Jumat (10.00-22.00), Sabtu-Minggu (07.30-22.00)

Komedian Andre Taulany punya tempat makan bergaya rumah joglo khas Jawa nih di Ciputat, Tangerang Selatan. Lokasinya cukup luas dan area makannya bagaikan berada di tengah-tengah hutan dengan pepohonan tinggi di sekelilingnya

Menu masakannya tradisional, mulai dari teri tumis kecombrang, cakalang asap rica-rica, tongseng kambing, hingga bakmie goreng Jawa. Bisa mencoba donat kampung, gabin tape, sampai cireng untuk camilannya. Harga makanan di Warung Kondre berkisar Rp 20.000-55.000.

6. Gubug Berkah Resto

Gubug Berkah Resto di Tangerang Selatan. Foto: Syanti Mustika/detikcom
  • Lokasi: Depan Taman Kota 2 BSD, Jl. Ciater Barat No. 54, Serpong, Tangerang Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari, 10.00-22.00

Gubug Berkah Resto merupakan cabang dari Saung Berkah Resto yang sebelumnya. Tempat makan ini berkonsep saung dengan masakan khas Indonesia, mulai dari aneka seafood hingga menu sayur dan sambal.

Kalau datang ke sini bersama rombongan, bisa pesan paket bancakan nasi liwet yang disajikan di atas daun pisang. Menu lauk yang ditawarkan bervariasi, bisa disesuaikan tergantung selera.

7. Omah Yung Ginah

Omah Yung Ginah berlokasi di Cisauk, Tangerang. Restoran yang menawarkan kuliner Jawa dengan nuansa khas ‘Jogja’ dengan rumah Joglo asli. Foto: Yenny Mustika Sari/detikFood
  • Lokasi: Jl. Masjid Cidodol, Suradita, Cisauk, Tangerang
  • Jam Buka: Selasa-Minggu, 09.00-21.00

Di Cisauk, Tangerang terdapat resto tradisional yang kental dengan nuansa Jawa. Saking tradisionalnya, cara masak di Omah Yung Ginah masih menggunakan tungku kayu bakar. Suasananya juga bak di kampung halaman dengan interior dan eksteriornya memakai furnitur jadul dan rumah joglo.

Menu khas Jawa di sini otentik karena juru masaknya didatangkan langsung dari Kediri, kampung halaman pemilik resto. Masakannya tersedia mangut ikan dengan kuah kuning, pecel, garang asem, jangan lombok, hingga botok lamtoro.

Nah, itu tadi sederet tempat makan terdekat dari Jakarta dengan suasana pedesaan. Selamat berkunjung.

(azn/inf)

Membagikan
Exit mobile version