Jumat, Juli 5


Jakarta

Saat berkendara motor, kendala seperti rantai putus atau komponen yang bautnya lepas bisa saja terjadi. Kalau tidak segera ditangani, kondisi begini dapat menghambat perjalanan.

Maka dari itu, ada perlengkapan dan kunci yang wajib ada di motor nih. Toolkit ini bisa disimpan di bagasi motor untuk jaga-jaga kalau kendaraan tiba-tiba bermasalah. Ada apa saja?

Peralatan dan Kunci yang Wajib Ada di Motor

Ada sejumlah toolkit yang harus kamu letakkan di bagasi motor. Mengutip laman Suzuki Indonesia, berikut daftarnya:


1. Kunci Pas

Kunci pas digunakan untuk melepas dan mengencangkan mur atau baut pada komponen sepeda motor. Bentuknya mirip huruf C sehingga terbilang pas untuk baut yang punya sudut serupa.

Ukuran kunci pas yang umum dibutuhkan untuk motor, yakni nomor 8, 10, 12, dan 14. Saat membeli motor baru, sebenarnya kunci pas termasuk toolkit yang didapat langsung. Namun kalau tidak ada, kamu dapat menyimpannya di jok motor.

2. Kunci L

Kunci allen atau kunci L juga wajib ada di bagasi motor. Sesuai namanya, kunci ini memiliki bentuk yang mirip huruf L. Terdapat beberapa ukuran kunci L, mulai dari 2 mm sampai 22 mm.

Fungsi kunci L untuk mengendurkan dan mengencangkan baut yang kepalanya agak masuk ke dalam dan berbentuk segi enam atau heksagonal. Jenis kunci ini berguna untuk membuka kaliper rem cakram atau mengencangkan footstep. Selain itu, beberapa motor sekarang memerlukan kunci L untuk membuka bodinya.

3. Kunci Busi

Untuk motor yang usianya sudah tua, kunci busi perlu selalu dibawa. Biasanya kunci ini diperlukan untuk mengecek mesin motor berkaitan dengan busi yang tiba-tiba bermasalah.

Kunci busi juga salah satu toolkit yang umum diberikan saat membeli motor baru pada zaman dahulu. Kalau kamu punya perlengkapan ini, jangan lupa simpan di jok motor ya.

4. Kunci Ring

Kunci ring juga berguna untuk membuka dan mengencangkan baut yang kepalanya tertutup. Bentuk kunci ini panjang dengan bagian ujungnya menyerupai huruf O. Di ujungnya juga terdapat gerigi yang berukuran beda-beda dan bisa disesuaikan dengan kepala baut.

5. Kunci Inggris

Kunci Inggris termasuk toolkit yang serbaguna. Bisa untuk melepas dan mengencangkan baut serta mur saat tidak ada kunci ring dan kunci pas yang sesuai. Dalam kondisi tertentu, kunci ini dapat dijadikan pengganti palu bila ada komponen motor yang bermasalah

6. Obeng

Selain kunci, toolkit standar yang wajib ada di motor yaitu obeng. Benda ini digunakan untuk mengencangkan dan membuka sekrup pada komponen sepeda motor. Obeng biasanya punya mata yang berbeda, ada yang pipih atau minus (-) dan kembang atau plus (+).

Ketika beli motor baru, toolkit ini juga biasa langsung didapat. Tapi kalau tidak ada atau hilang, bisa beli obeng berukuran compact sehingga muat di bagasi motor.

7. Tang

Tang termasuk perlengkapan yang tidak boleh absen di sepeda motor. Perkakas ini sangat berguna, di antaranya bisa untuk memotong kabel atau kawat, menyetel karburator, hingga membuka mur.

Kalau kamu tidak punya tang, bisa membeli ukuran yang compact dengan mulut panjang agar bisa menjangkau area komponen motor yang sempit. Lalu simpan dengan baik di jok motor.

Nah, itu tadi sederet toolkit dan kunci yang wajib ada di motor. Semuanya berguna jika sepeda motor tiba-tiba bermasalah, jadi minimal kamu dapat mengutak-atik sendiri terlebih dahulu dengan perlengkapan tersebut.

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version