Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Sandra Dewi bersaksi di sidang korupsi timah Harvey Moeis. Majelis hakim hingga JPU mencecar Sandra Dewi dengan banyak pertanyaan terkait harta yang dimiliki bersama dengan Harvey Moeis.

Berikut adalah 7 pengakuan Sandra Dewi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Kamis (10/10/2024). Kebanyakan pertanyaan menyangkut pendapatan dan harta yang dimiliki oleh Sandra Dewi selama menikah dengan Harvey Moeis.

1. Pinjam Duit, Rekening Diblokir

Hampir 7 bulan Harvey Moeis ditahan dalam kasus korupsi timah. Sandra Dewi menangis ceritakan rekeningnya diblokir hingga harus pinjam uang ke orang tua hingga adik.


Rekening bank yang disita dalam kasus ini berisi uang hasil kerja kerasnya dari hasil endorsement. Sandra Dewi mengatakan rekening-rekening yang merupakan tempat menampung hasil endorsement dirinya dan anak-anaknya itu telah diblokir.

“Kemudian dengan adanya pemblokiran ini bagaimana kemudian Saudara saksi apalagi tanpa ada suami bagaimana Saudara saksi menjalani kehidupan?” tanya kuasa hukum Harvey Moeis.


“Saya pinjam ke orang tua ke adik-adik saya juga,” jawab Sandra Dewi sambil menangis.

2. Punya Jet Pribadi Hanya Gosip

Harvey Moeis punya jet pribadi yang menjadi hadiah saat putra sulungnya ulang tahun pertama. Ketua majelis hakim, Eko Aryanto, bertanya soal kepemilikan jet pribadi dan mobil-mobil mewah kepada Sandra Dewi.

Perempuan berusia 41 tahun itu mengatakan mobil mewah yang dibeli Harvey tak hanya dipakai olehnya dan suami, tapi juga keluarga suami. Sandra Dewi sempat ditanya soal Rolls-Royce dan MINI Cooper yang dikabarkan menjadi hadiah ulang tahun untuknya.

“Itu diberikan suami saya untuk keluarga. Bukan untuk saya saja, untuk keluarga, dipakai keluarga,” jawab Sandra Dewi yang juga mengaku tidak tahu harganya.

Menyoal pesawat jet pribadi, Sandra Dewi mengatakan itu hanya gosip. “Itu cuma gosip, Yang Mulia,” tegas Sandra Dewi.

3. Punya Deposito Rp 33 Miliar

Sandra Dewi memulai kariernya pada 2002 sebagai model. Kemudian melebarkan sayap ke dunia akting pada 2007. 22 tahun bekerja di dunia entertainment, Sandra Dewi mengaku bisa berinvestasi untuk properti, deposito, dan tabungan.

Sandra Dewi disebut mempunyai deposito Rp 33 miliar. Bintang film Quickie Express itu mengatakan deposito 100 persen hasil keringatnya sendiri.

“2004, jadi, di rekening di bank ini seratus persen hasil keringat saya dari tahun 2004 saya, dan tidak pernah ada aliran dana atau transferan dari suami saya dan semua yang ada di sini. Sebelah kanan saya (Helena) tidak pernah. Jadi, ini seratus persen hasil keringat saya dan sudah saya buktikan di rekening koran, Yang Mulia,” jawab Sandra Dewi.

Sandra Dewi punya deposito di Bank Niaga sebesar Rp 4,1 miliar dari hasil endorsement sebagai brand ambassador salah satu bank swasta selama enam tahun.

4. Ratusan Tas Mewah Hasil Endorsement

Kejaksaan Agung menyita 88 tas branded milik Sandra Dewi. Sandra Dewi menegaskan justru punya ratusan tas branded hasil endorsement.

“Saya akan jelaskan Yang Mulia, satu per satu. Di tahun 2012, saya memulai yang namanya endorsement, yaitu bentuk periklanan yang menggunakan sosok terkenal, artis terkenal, untuk mempromosikan suatu barang,” beber Sandra Dewi.

“Tahun 2014, ada 23 lebih dari 23 toko-toko tas branded di Indonesia ini yang meng-endorse saya, yang memberikan saya tas. Di mana ketika mereka memberikan tas itu, saya mempromosikannya di social media,” sambungnya.

Soal yang disita hanya 88 tas, Sandra Dewi mengatakan sudah ada beberapa tas yang dia jual karena tidak dipakai. “Jadi saksi saya banyak kalau tas-tas ini, endorsement, dan tidak pernah dibeli oleh suami saya karena suami saya tahu saya sudah mendapatkan tas-tas ini dari tahun 2014,” tegas Sandra Dewi.

5. Perjanjian Pisah Harta

Sandra Dewi menegaskan dirinya merupakan perempuan mandiri dan mapan secara finansial sejak sebelum bertemu dengan Harvey Moeis. Oleh karena itu, dia dan Harvey Moeis punya perjanjian pisah harta saat menikah.

“Kami pisah harta dari kami menikah,” kata Sandra Dewi.

Perempuan asal Bangka Belitung itu membeberkan selama menikah memakai uang sendiri untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Sedangkan Harvey Moeis membiayai keperluan rumah dan keluarga.

“Kepada saya tidak (kasih uang), tapi untuk bayar keperluan. Jadi suami saya hanya mentransfer ke asisten pribadi saya, uangnya untuk kebutuhan sekolah anak, les, rumah, kebutuhan rumah, bayar listrik,” aku Sandra Dewi.

“Saya tidak mau minta-minta, saya punya penghasilan cukup dari saya single, saya wanita mandiri. Saya tidak pernah minta ke orang tua saya, suami saya, sejak saya di Jakarta,” ungkapnya.

6. Tahunya Suami Pengusaha Tambang Batubara

Nada suara Sandra Dewi meninggi saat majelis hakim bertanya soal pengetahuannya tentang pekerjaan Harvey Moeis. Sandra Dewi mengaku mengetahui Harvey sebagai pengusaha tambang batubara.

“Suami saya pengusaha tambang batubara,” jawab Sandra Dewi tegas. Soal pengusaha timah, Sandra Dewi keukeuh yang dia tahu suaminya pengusaha tambang batubara.

“Suami saya pengusaha tambang batubara. Ketika saya menikah, saya melakukan presscon bersama teman-teman media, saya mengatakan suami saya pengusaha batubara, batubara,” tegas Sandra Dewi.

7. Tolak Cincin Kawin dan Tunangan Disita Kejagung

Sandra Dewi mengatakan dua hadiah yang didapat dari Harvey Moeis adalah cincin tunangan dan nikah. Namun, dia menolak dua benda itu disita oleh penyidik Kejaksaan Agung.

“Masih (ada sampai sekarang). Mau disita saya nggak kasih,” kata Sandra Dewi.

“Karena itu cincin tunangan sama cincin kawin, Yang Mulia,” sambungnya.

“Sakral ya?” tanya hakim.

“Iya,” jawab Sandra Dewi.

(pus/mau)

Membagikan
Exit mobile version