Senin, Oktober 7

Jakarta

Pakar kesehatan selalu menyarankan untuk tidak makan terlalu banyak sebelum tidur, sebab dapat menambah kalori ekstra. Selain itu, dampak lainnya adalah bisa mempengaruhi pola tidur yang bisa berdampak buruk pada kesehatan

Meski begitu, ada berbagai minuman kesehatan yang boleh dikonsumsi sebelum tidur. Bahkan, beberapa minuman tersebut dapat membantu menghancurkan lemak dan membuat tidur lebih baik.

Minuman Penghancur Lemak Saat Tidur

Teh kayu manis, teh lemon jahe, hingga air putih bisa membantu menghancurkan lemak saat tidur. Mengutip laman Practo, Healthifyme, dan Healthshot, berikut penjelasannya.


1. Teh Kayu Manis

Teh kayu manis sangat baik untuk membakar lemak dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sifat antiradang dan antioksidannya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, teh kayu manis dapat meningkatkan metabolisme dan detoksifikasi yang membantu mengeluarkan limbah dari tubuh.

Menurut penelitian, senyawa yang terkandung dalam kayu manis, Cinnamaldehyde, bisa meningkatkan produksi panas (termogenesis) yang menyebabkan peningkatan pembakaran kalori. Sehingga teh ini baik untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Untuk meminum teh ini, kamu bisa menambahkan air lemon dan bubuk lada hitam.

2. Teh Lemon Jahe

Jahe memiliki sifat antiperadangan. Penelitian juga menunjukkan bahwa rempah ini meningkatkan termogenesis dan dapat mengurangi rasa lapar, sehingga berkontribusi pada penurunan berat badan.

Selain itu, lemon mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Air perasannya juga bisa mengurangi rasa lapar dan membantu melancarkan pencernaan.

Menurut penelitian, menggabungkan jahe dan lemon bisa memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Teh ini menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kamu bisa menambahkan sedikit jahe parut dan sejumput kayu manis.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang baik untuk sel dan molekul tubuh. Minum teh hijau sebelum tidur bisa membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau mengandung kafein yang membantu membakar lemak visceral di sekitar perut sekaligus meningkatkan metabolisme.

Beberapa manfaat lain dari teh ini adalah mencegah terkena penyakit diabetes, penyakit jantung/pembuluh darah, bahkan kanker payudara.

4. Teh Kamomil

Teh kamomill terkenal dapat membantu tidur lebih baik karena dapat merelaksasi otot dan saraf-saraf yang tegang. Jenis teh ini juga dipilih untuk menurunkan berat badan karena bisa membantu meningkatkan metabolisme glukosa.

Teh kamomil mempunyai khasiat luar biasa dalam penyerapan gula dan paling baik dikonsumsi sebelum tidur. Pasalnya, teh kamomil bisa megatasi perut yang sakit dan memberikan fungsi pencernaan yang lebih baik.

5. Susu Kunyit

Susu kunyit banyak dikonsumsi untuk mengobati pilek, batuk, dan penyakit lainnya. Namun, susu kunyit juga ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.

Khasiat ini berkat kandungan antioksidan pada kunyit yang membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Susu sendiri mengandung kalsium dan protein yang membuat tidur nyenyak. Jadi, paduan ini sangat cocok diminum sebelum tidur.

6. Air Rendaman Fenugreek

Konsumsi biji methi atau fenugreek dapat menghasilkan panas dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, biji ini juga merupakan antasida yang baik, sehingga bagus untuk mengatasi masalah pencernaan.

Cara mengkonsumsinya, cukup rebus air dan tambahkan fenugreek yang sudah dihancurkan. Rendam selama 3-5 menit, lalu saring dalam cangkir.

7. Air Putih

Air putih adalah minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan karena benar-benar 100% bebas kalori. Bahkan, air putih bisa membakar kalori ekstra dalam tubuh.

Menurut Medical News Today, minum air putih sangat baik untuk membakar lemak dari makanan dan minuman yang tersimpan di dalam tubuh. Air putih juga diketahui menjadi penekan nafsu makan yang sehat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa minuman penghancur lemak saat tidur. Selain mengkonsumsi minuman ini, lakukan juga pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga dan tidur yang cukup detikers. Semoga informasi ini membantumu ya.

(elk/inf)

Membagikan
Exit mobile version