Rabu, Oktober 9

Jakarta

Indonesia dikenal sebagai salah satu surga makanan kaki lima atau street food. Di antara banyaknya jenis makanan, ini 7 jajanan kaki lima terbaik versi TasteAtlas.

Makanan kaki lima adalah kekayaan kuliner yang kerap dicari foodies saat mengunjungi sebuah negara. Makanan yang dijajakan di pinggir jalan ini seolah mencerminkan budaya serta selera warga lokal yang menarik dipelajari.

Pun untuk makanan kaki lima di Indonesia. Banyak warga negara lain penasaran mencicipinya karena beberapa makanan sudah terkenal sangat nikmat.


Dari sekian banyak makanan kaki lima di Tanah Air, situs TasteAtlas yang merangkum informasi seputar makanan tradisional di berbagai negara, mengungkap 7 jenis yang terbaik. Penilaian ini didasarkan pada rating pengguna.

Berikut 7 makanan kaki lima terbaik di Indonesia versi TasteAtlas:

7. Sate Padang

Indonesia punya banyak jenis sate, termasuk sate Padang yang kini populer di berbagai daerah Indonesia, tak hanya di Padang saja. Sate Padang berisi potongan daging dan jeroan sapi yang sudah dimarinasi dengan bumbu rempah khas sebelum dibakar.

Keunikan lain dari sate Padang adalah disajikan bersama saus kental berwarna kuning kecokelatan atau kuning kemerahan. Saus ini berbahan tepung beras dan berbagai rempah yang kuat.

Ada versi sate Padang Panjang yang menggunakan lebih banyak kunyit pada sausnya, sedangkan sate Padang Pariaman sausnya lebih merah karena penggunaan cabai merah. Sate Padang makin enak dimakan dengan ketupat.

6. Sate kambing

Foto: GoFood / Pergi Kuliner

Masih berupa sate, ada sate kambing yang masuk daftar makanan kaki lima terbaik di Indonesia. TasteAtlas mendeskripsikan sate kambing terbuat dari potongan daging kambing yang dimarinasi bumbu, seperti kecap manis, lengkuas, bawang merah bubuk, air nanas, dan kadang cabai.

Ciri khasnya, sate kambing ditusuk menggunakan tusukan bambu. Sate kambing lalu disajikan bersama sambal kecap atau saus kacang yang lebih gurih.

5. Bubur ayam

Banyak orang Indonesia memulai hari dengan sarapan bubur ayam gerobakan. Tak heran kalau bubur ayam juga dinilai sebagai salah satu makanan kaki lima terbaik di Tanah Air.

Bubur ayam memakai topping suwiran ayam, kacang tanah goreng, seledri, hingga bawang goreng. Ada juga aneka sate pelengkap agar makin nikmat. Bubur ayam merupakan wujud akulturasi budaya kuliner China di Indonesia. Seperti diketahui, orang China lebih dulu mengenal bubur.

4. Rendang

Foto: Getty Images/iStockphoto/Paul_Brighton

Rendang kerap jadi menu primadona warung-warung Padang kaki lima. Rendang dibuat dengan banyak rempah dan melibatkan proses masak yang lama hingga nihil kandungan air. Karenanya tekstur rendang cenderung kering.

TasteAtlas menjelaskan orang Minangkabau membutuhkan hidangan yang awet dan rendang merupakan jawaban akan kebutuhan tersebut. Rendang masih terasa enak, bahkan bumbunya terasa semakin meresap, saat disimpan berhari-hari.

Daftar 3 teratas makanan kaki lima terbaik di Indonesia ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version