Jumat, Oktober 18

Jakarta

Terlihat agak menyeramkan, tetapi makanan dengan warna hitam legam ini menyehatkan. Mulai dari tinta cumi hingga black garlic yang tinggi antioksidan.

Jika dilihat dari penampilannya, makanan yang berwarna hitam memang kurang menarik. Berbeda dengan makanan berwarna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau.

Namun, tahukah kamu bahwa warna hitam pada makanan tersebut berasal dari kandungan antioksidan. Tentu makanan berwarna hitam tinggi akan antioksidan yang baik untuk tubuh.


Antioksidan tersebut memiliki sifat antidiabetes, antikanker, antiinflamasi, sehingga akan mencegah tubuh terkena penyakit kronis.

Dikutip dari Slurrp (31/03/24) berikut 7 makanan berwarna hitam yang kaya manfaat:

1. Black Garlic

Black garlic Foto: iStock

Black garlic adalah bawang putih yang difermentasi hingga warnanya menjadi hitam. Bawang putih ini kaya akan allicin, senyawa yang dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Selain itu, antioksidan yang terkandung pada black garlic berperan menurunkan gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Kandungan nutrisi ini bagus untuk mencegah penyakit komplikasi.

2. Beras Hitam

Seperti beras merah, beras hitam pun memiliki manfaat untuk kesehatan. Beras hitam ini merupakan sumber protein vegetarian yang baik untuk tubuh.

Selain itu, ilmuwan juga menemukan bahwa beras hitam memiliki kadar antioksidan yang larut dalam air. Senyawa itu mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

3. Biji Wijen Hitam

Biji wijen hitam Foto: iStock

Selain yang berwarna putih, ada juga biji wijen yang berwarna hitam. Manfaat kesehatannya pun tak kalah banyak. Bahkan kandungan antioksidannya lebih tinggi.

Biji wijen hitam juga mengandung lemak tak jenuh ganda dan senyawa sesamin yang membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Ini juga bisa menurunkan kolesterol.

Makanan berwarna hitam legam yang kaya manfaat ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version