Senin, Juli 1

Jakarta

Mengalami kondisi kesehatan seperti asam urat dan kolesterol tinggi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kedua kondisi ini memerlukan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan yang sehat

Salah satu cara alami yang bisa membantu mengatasi asam urat dan kolesterol adalah mengkonsumsi jus yang kaya akan nutrisi. Apa saja jus tersebut?

Jus untuk Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Beberapa jus yang baik untuk asam urat dan kolesterol di antaranya adalah jus ceri, jus lemon, jus timun, hingga jus blueberry. Berikut kandungan bermanfaat di dalamnya.


1. Jus Ceri

Menurut penelitian, ceri dan jusnya bisa membantu meringankan gejala asam urat dengan mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Meski begitu, ceri tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat asam urat.

Salah satu studi mengenai jus ceri dan asam urat dilakukan pada tahun 2011 yang melibatkan 633 peserta penderita asam urat. Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi setidaknya 10 buah ceri per hari mengurangi risiko serangan asam urat 35 persen.

Manfaat ini berkat kandungan antosianin yang memberi warna pada ceri. Antosianin memiliki manfaat anti-inflamasi, yang kemungkinan menyebabkan frekuensi serangan asam urat berkurang. Tak hanya bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala asam urat, mengutip Economic Times, orang dewasa yang meminum jus ceri juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Jus Lemon

Jus lemon terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi gejala asam urat. Menurut Healthline, sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa jus lemon dan ekstrak lemon membantu menurunkan asam urat dalam darah.

Studi klinis lainnya melakukan tes darah terhadap 75 orang dewasa yang minum jus lemon segar setiap hari. Mereka yang mengalami asam urat, kadar asam urat tinggi tetapi tidak ada gejala, serta orang tanpa asam urat menunjukkan kadar asam urat yang lebih rendah.

Selain itu, menurut Thirsty Work, berkat kadar vitamin C alaminya, lemon juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Meminum jus lemon setiap hari bisa menurunkan kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung.

3. Jus Timun

Timun mengandung zat sterol yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kandungan potasium dan fosforusnya juga bisa membantu menurunkan asam urat dalam darah.

Kedua zat bermanfaat ini bisa mendetoks fungsi organ hati dan ginjal. Sehingga racun dapat keluar dari tubuh.

4. Jus Apel

Jus apel juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat dan menurunkan kolesterol. Menurut sebuah penelitian tahun 2005 tentang Radang Sendi dan Rematik, pola makan vitamin C yang tinggi membantu menurunkan kadar asam urat, membantu mencegah asam urat, dan mengobatinya.

University of Pittsburgh Medical Center menyarankan untuk mengkonsumsi dua sampai empat porsi buah apel setiap hari jika menderita asam urat. Satu buah apel sama dengan satu cangkir jus apel.

Kandungan polifenol dalam apel juga mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan menumpuk di arteri. Tingkat kolesterol jahat yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Jus Semangka

Menurut NDTV, Semangka menghidrasi dan mengandung senyawa seperti citrulline yang bisa membantu mengatur kadar asam urat. Sementara itu, kandungan likopennya membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

6. Jus Blueberry

Blueberry juga dapat membantu mengatasi asam urat. Mengutip laman The Gout Killer, buah ini kaya akan antosianin, senyawa antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah beri berkulit gelap.

Seperti pada buah lainnya, antosianin bekerja sebagai antiinflamasi kuat yang mampu meredakan nyeri dan pembengkakan asam urat. Menurut laman Very Well Health, antosianin juga bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah serta terbukti menurunkan oksidasi kolesterol jahat. Kandungan seratnya juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

7. Jus Blackberry

Dalam pengobatan tradisional Amerika dan Eropa, buah blackberry sangat umum untuk mengobati asam urat. Buah ini kaya akan flavonoid, termasuk antosianin.

Mengutip laman Cleveland Clinic, buah ini mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol kadar gula darah. Dengan 7,6 gram serat per cangkirnya, blackberry dapat membantumu mendapat serat yang dibutuhkan tubuh.

Itulah beberapa jus yang baik untuk dikonsumsi untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi. Selamat mencoba membuatnya detikers.

(elk/row)

Membagikan
Exit mobile version