Minggu, Oktober 6

Jakarta

Burger punya sejumlah fakta menarik yang belum banyak diketahui orang. Mulai dari asal-usul penamaan burger, sosok penemu burger, hingga rekor terkait burger. Ini fakta-faktanya!

Burger merupakan makanan khas negara Barat yang populer di Indonesia. Paduan roti (bun) dengan patty daging, sayuran, dan saus ini menciptakan rasa gurih meaty yang memuaskan selera.

Burger hadir dalam berbagai versi, termasuk American burger yang belakangan tengah populer di Tanah Air. Cirinya disajikan dengan kentang goreng, memakai keju, hingga mengandalkan patty daging yang rasanya super meaty.


Jangan asal menikmati burger, sebaiknya pencinta burger juga mengetahui berbagai cerita menarik di baliknya. Burger yang memiliki sejarah panjang ini memiliki punya fakta terkait nama hingga cerita kemunculannya.

Merangkum berbagai sumber, ini 7 fakta menarik seputar burger:

1. Sudah ada sejak abad ke-1 Masehi

Buku berjudul The World is Your Burger: A Cultural History mengungkap sejarah burger yang ternyata sangat panjang. Konon burger pertama kali tercipta pada abad ke-1 Masehi di Roma.

Saat itu ditemukan hidangan daging giling yang dicampur bumbu, seperti merica dan perasa lainnya. Namanya Isicia Omentata. Berlanjut pada abad ke-13, muncul hidangan Steak Tartare di Mongolia.

Steak Tartare kabarnya muncul ketika perang Mongol dan Eurasia. Pada saat perang, daging giling disimpan di dekat pelana kuda hingga akhirnya setelah perang usai, daging tersebut menjadi pipih dan lembut.

Dari sinilah cikal bakal burger terus berlanjut dan berkembang sampai menjadi burger yang jamak diketahui saat ini.

2. Restoran pertama yang sajikan burger

Foto: Akron Life

Cerita menarik soal burger juga muncul tahun 1885 ketika restoran The Menches Brothers di Ohio, Amerika Serikat (AS) menyajikan hidangan yang diyakini sebagai awal mula kemunculan kreasi burger modern.

Saat itu pemilik restoran mengalami krisis sosis untuk sandwich-nya. Ia dan tim kemudian memutar otak untuk menggunakan daging sapi yang dihaluskan dan diletakkan di bagian tengah tumpukan roti yang dikenal sebagai patty saat ini.

Namun, burger yang sengaja dibuat dengan 2 buah roti dan daging diselipkan di antaranya konon dikreasikan oleh Louis Lassen pada tahun 1900 yang tercatat pada The United States Library of Congress. Menu ini dianggap sebagai penyempurnaan dari menu yang ada di The Menches Brothers.

3. Asal-usul nama burger

Lantas dari mana nama burger berasal? Kata ‘burger’ diambil dari ‘hamburger’. Dictionary.com mendefinisikan ‘hamburger’ sebagai kata dari Jerman abad ke-19, yang berarti “dari kota Hamburg di Jerman.” Namun, asal-usul burger sebenarnya lebih rumit dari pada itu, termasuk dalam hal penamaannya.

Dalam buku The World is Your Burger: A Cultural History juga disebutkan nama ‘hamburger’ pertama kali disebutkan oleh Uncle Fletcher Davis, pemilik kafe di Texas sejak tahun 1880an.

Pada tahun 1904, Uncle Fletcher Davis menggunakan kata ‘hamburger’ untuk menyebut hidangan yang mirip dengan sandwich dengan daging cincang yang dipanggang dan diselipkan di antara kedua rotinya.

Popularitas hidangan bernama hamburger semakin meluas usai diberitakan oleh New York Tribune yang menjelaskan tentang sandwich bernama hamburger yang dibuat oleh toko yang tidak diketahui. Tidak lama kemudian, burger ini menjadi merajalela dan banyak diproduksi di penjuru Amerika Serikat.

4. Jaringan restoran burger tertua di dunia

Foto: Business Insider

Kini burger banyak dijajakan, tapi jaringan restoran yang pertama kali menawarkannya adalah White Castle di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Mereka berdiri sejak 1921, menawarkan burger seharga 5 sen.

Awalnya, bentuk burger seperti sandwich daging sapi yang sering disebut “Hamburg sausage”. Potongan daging sapi cincangnya ditaruh di antara irisan roti dengan beberapa tambahan sayuran.

Sementara itu, di Inggris, Wimpy dikenal sebagai jaringan restoran pertama yang menyajikan burger. Restoran ini pertama kali didirikan tahun 1954.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version