Kamis, Oktober 3

Jakarta

Kopi hitam tanpa gula memiliki aneka manfaat, seperti mencegah diabetes hingga membantu penurunan berat badan. Meski demikian, kopi hitam juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.

Di bawah ini akan kita ulas 7 efek samping kopi hitam tanpa gula jika dikonsumsi berlebihan. Simak juga tips minum kopi agar tetap aman dan terhindar dari efek sampingnya.

Efek Samping Kopi Hitam Tanpa Gula

Dilansir dari Healthline dan Lo! Foods, berikut ini 7 efek samping kopi hitam tanpa gula yang perlu diwaspadai.


1. Risiko Sakit Maag

Salah satu risiko menikmati kopi hitam tanpa gula adalah adanya mengalami maag pada beberapa orang. Keasaman kopi hitam terkadang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam bentuk maag, perut mulas, terutama bagi mereka yang memiliki perut sensitif.

2. Merusak Gigi

Konsumsi kopi juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Pigmen gelap dalam kopi dapat menodai gigi dari waktu ke waktu, sehingga mempengaruhi estetika senyuman kita.

Jika mengkonsumsi kopi hitam secara teratur mungkin harus memerlukan perawatan gigi ekstra agar mencegah risiko pewarnaan serta menjaga kesehatan gigi dan mulut.

3. Refluks Asam Lambung

Efek lain dari kopi hitam adalah terjadinya refluks asam lambung. Keasaman kopi terkadang dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan, terutama pada saat perut kosong atau bagi mereka yang memiliki sensitivitas pencernaan. Beberapa orang bisa mengatasi hal ini dengan mengisi perut mereka terlebih dahulu sebelum minum kopi.

4. Efek Diuretik

Kopi juga memiliki efek diuretik, yang berarti kopi dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak urin. Kopi juga bisa menarik cairan ke dalam saluran pencernaan. Hal ini juga bisa menyebabkan efek pencahar pada beberapa orang.

5. Kecemasan

Kafein dalam kopi hitam dapat meningkatkan kewaspadaan dengan cara memblokir efek adenosin, zat kimia otak yang membuat kita merasa lelah. Pada waktu yang sama, zat ini memicu pelepasan hormon adrenalin yang berefek pada peningkatan energi.

Namun, minum kopi hitam tanpa gula secara berlebihan justru dapat menyebabkan kecemasan. Selain itu, kopi juga bisa menyebabkan napas cepat dan meningkatkan stres.

6. Insomnia

Kemampuan kafein untuk membantu orang tetap terjaga adalah salah satu efek yang diharapkan banyak orang. Namun ketika terlalu banyak kafein, maka akan berefek samping membuat insomnia atau kesulitan untuk tidur.

7. Kerusakan Otot

Efek samping kopi hitam tanpa gula lainnya adalah risiko terjadinya rhabdomyolysis atau kondisi serat otot yang rusak masuk ke dalam aliran darah, yang menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya.

Penyebab umum rhabdomyolysis adalah trauma, infeksi, penyalahgunaan obat, ketegangan otot dan gigitan ular atau serangga berbisa. Namun ada beberapa laporan yang menghubungkan rhabdomyolysis dengan asupan kafein yang berlebihan.

Tips Menikmati Kopi dengan Aman

Dikutip dari situs RS Pusat Pertamina, berikut ini sejumlah tips mengkonsumsi kopi agar tetap aman:

  • Batasi konsumsi kopi, yakni maksimal 400 mg kafein per hari, atau setara dengan 4 cangkir kopi hitam.
  • Pilihlah biji kopi yang berkualitas dan diolah dengan cara yang baik, sehingga bisa meminimalkan residu kimia.
  • Perhatikan juga kandungan gulanya. Lebih baik minum kopi tanpa gula untuk menghindari risiko diabetes.
  • Bagi orang yang bermasalah dengan kafein, dapat mengkonsumsi kopi arabika yang tingkat keasaman lebih rendah.
  • Perhatikan waktu konsumsinya. Hindari minum kopi malam hari jika tak mau mengalami gangguan tidur.
  • Dengarkan tubuh kamu ketika merespons konsumsi kopi.
  • Jika merasakan efek samping negatif, kurangi konsumsi asupan kopi atau bahkan hindari sama sekali.

Nah, meski kopi hitam tanpa gula dikenal memiliki sejumlah manfaat, tetap ada efek samping kopi hitam yang perlu diwaspadai. Konsumsilah kopi dalam batas wajar. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui batas konsumsi kopi yang tepat untukmu.

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version