Jumat, Oktober 4

Jakarta

Hadirnya WiFi telah membantu banyak orang agar bisa mengakses internet dengan mudah. Namun, dalam beberapa kasus sering terjadi WiFi tidak muncul di laptop.

Masalah ini tentu bisa mengganggu aktivitasmu. Misalnya, detikers ingin meeting online, ketika laptop sudah dinyalakan tetapi tidak bisa terhubung ke WiFi. Alhasil, seluruh pekerjaan jadi terhambat.

Namun tak usah khawatir, soalnya masalah WiFi tidak muncul di laptop dapat diatasi dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak dalam artikel ini.


Penyebab WiFi Tidak Muncul di Laptop

Ada sejumlah hal yang menyebabkan WiFi tidak muncul di laptop. Dilansir situs Asurion, berikut sejumlah penyebabnya:

  • Laptop dalam mode pesawat (airplane mode).
  • Router WiFi sedang rusak.
  • Memasukkan kata sandi WiFi yang salah.
  • Jarak laptop terlalu jauh dengan router WiFi.
  • Kata sandi WiFi telah diganti ke yang baru.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Muncul di Laptop

Ada beberapa cara untuk mengatasi WiFi yang tidak muncul di laptop. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pastikan WiFi Sudah Menyala

Cara yang pertama adalah dengan memastikan apakah WiFi di laptop sudah menyala atau belum. Jika belum, tentu laptop detikers tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi apapun.

2. Install Ulang Driver WiFi

Kalau WiFi masih tidak muncul di laptop, cobalah melakukan install ulang driver WiFi. Cara ini bisa dilakukan pada pengguna laptop Windows 11, 10, 8, atau 7.

Kamu bisa melakukan install ulang melalui DVD driver bawaan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan update dari situs resmi laptop yang kalian miliki.

3. Install Ulang Windows

Cara lainnya adalah dengan menginstall ulang Windows. Terkait versi Windows, kamu bisa menentukan sendiri mana yang memang cocok dengan spesifikasi laptop.

Sebagai pengingat, sebelum install ulang Windows pastikan data-data penting di dalam data C sudah di backup. Jika semua data sudah aman, silahkan lakukan install ulang Windows.

4. Pakai Adaptor WiFi Eksternal

Kalau WiFi masih tidak muncul di laptop, cobalah memanfaatkan adaptor WiFi eksternal. Adaptor yang dimaksud adalah sebuah colokan berbentuk USB yang ukurannya kecil.

Harga adaptor WiFi eksternal juga terjangkau. Kamu bisa membelinya di toko elektronik atau secara online di marketplace.

5. Restart Modem atau Router

Cara berikutnya adalah dengan memulai ulang (restart) modem dan router. Kamu bisa mencabut kabel daya dan tunggu selama 60 detik, setelah itu colok kembali ke stop kontak.

Setelah melakukan restart, modem dan router butuh waktu beberapa menit untuk melakukan boot ulang. Setelah menyala, cobalah kembali terhubung ke jaringan WiFi dan cek apakah koneksi internet sudah lancar atau belum.

6. Jangan Masuk ke Mode Disable

Jika WiFi masih tidak muncul, cobalah cek apakah laptop kamu masuk dalam mode disable atau tidak. Soalnya, mode tersebut bisa menyebabkan laptop tidak bisa mencari jaringan WiFi.

Untuk mengetahui laptop dalam status disable atau tidak, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu ‘Control Panel’
  • Lalu pilih opsi ‘Network and Internet’
  • Klik ‘Network and Sharing Center’
  • Selanjutnya, pilih ‘Change Adapter Setting’
  • Kemudian klik ‘Enable This Network Device’ pada opsi cek driver WiFi.

7. Pastikan Laptop Tidak dalam Mode Pesawat

Selain itu, cek juga apakah laptop sedang dalam mode pesawat (airplane mode) atau tidak. Apabila dalam status airplane mode, maka laptop milikmu tidak bisa terhubung secara otomatis ke jaringan WiFi.

Sebenarnya, laptop masih bisa terhubung ke WiFi ketika dalam mode pesawat. Hanya saja, detikers harus melakukannya secara manual dengan mengklik tombol ‘ON’.

Demikian tujuh cara mengatasi WiFi tidak muncul di laptop. Semoga dapat membantu detikers.

(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version