Sabtu, September 28

Jakarta

Sinyal iPhone hilang secara tiba-tiba merupakan hal yang sangat mengganggu, terlebih saat ingin menghubungi seseorang. Akibatnya, ponsel tidak bisa terhubung dengan jaringan internet sehingga perlu mengetahui cara mengatasi sinyal iPhone hilang muncul agar normal.

Namun, jangan panik jika sinyal iPhone milikmu tiba-tiba hilang. Ada beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah sinyal iPhone yang hilang muncul, berikut adalah cara-caranya.

1. Coba Matikan dan Nyalakan Ulang Data Seluler

Langkah pertama untuk mengatasi sinyal iPhone yang hilang muncul agar normal adalah dengan mematikan data seluler selama beberapa detik, kemudian menyalakannya kembali. Untuk melakukan ini, buka Control Center dan cari ikon data seluler.


Ulangi langkah ini beberapa kali sampai sinyal kembali. Jika sudah dicoba berkali-kali dan masih tidak berhasil, lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Matikan dan Nyalakan Kembali iPhone

Cara kedua untuk mengatasi hilangnya sinyal iPhone adalah dengan menyalakan ulang atau me-restart HP-mu. Terkadang, masalah sistem pada iOS dapat menyebabkan hilangnya sinyal atau jaringan seluler secara tiba-tiba.

Restart ponsel dapat menyegarkan sistem dan seringkali efektif dalam mengembalikan sinyal setelah beberapa kali dicoba.

3. Cek Kartu SIM

Cara ketiga yang dapat kamu coba adalah memeriksa kartu SIM di iPhone milik-mu. Ketersediaan sinyal sangat bergantung pada kartu SIM.

Pertama, kamu dapat memeriksa masa aktif kartu SIM. Jika masa aktifnya habis, jaringan akan otomatis terputus dari penyedia layanan seluler.

Selanjutnya, periksa kondisi kartu SIM. Jika kotor, bersihkan dengan kuas atau tisu.

4. Unduh dan Pasang iOS Versi Paling Terbaru

Jika sinyal iPhone tiba-tiba hilang, penting untuk memeriksa versi iOS yang terpasang di iPhone milik-mu. Sistem iOS yang sudah usang dapat memengaruhi kinerja, termasuk stabilitas sinyal.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperbarui sistem iOS secara rutin. Dengan pembaruan yang teratur, kamu bisa menghindari masalah sinyal hilang muncul karena iOS yang usang.

5. Periksa Jangkauan Sinyal Jaringan Seluler

Berada di daerah pedalaman atau hutan juga bisa menyebabkan sinyal hilang. Hal itu dikarenakan kamu sedang berada di luar jangkauan sinyal layanan seluler.

Daerah terpencil biasanya jauh dari menara penyedia layanan seluler. Jika ingin memperoleh sinyal, coba pindah ke tempat yang lebih tinggi atau mendekati menara penyedia layanan seluler yang digunakan, jika memungkinkan.

6. Cek IMEI iPhone

Hal penting lain yang perlu diperhatikan dan diperiksa adalah status IMEI pada iPhone kamu. Ketersediaan sinyal terkait dengan status IMEI ponsel.

Sinyal seluler akan terblokir dan tidak muncul apabila IMEI tidak terdaftar di Kemenperin. Pastikan IMEI iPhone milikmu sudah terdaftar sebelumnya!

7. Bawa iPhone-mu ke Apple Center Terdekat

Jika sudah mencoba beberapa cara untuk mengatasi sinyal iPhone yang hilang muncul namun belum berhasil, tak perlu khawatir. Kamu dapat membawa ponselmu ke Apple Center terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi berpengalaman.

Sinyal yang hilang sering kali menunjukkan adanya tanda-tanda masalah pada antena atau pembaca kartu SIM, yang menghalangi ponsel untuk mendapatkan sinyal dengan baik.

Itulah tadi 7 Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi iPhone milikmu yang sinyalnya hilang muncul dan agar kembali normal. Selalu lakukan pengecekan dan perawatan rutin. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat!

*) Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version