Kamis, September 19

Jakarta

Terletak di daerah tropis membuat Indonesia menghasilkan ragam buah eksotis. Jenisnya mulai dari buah merah, buah bisbul, sampai buah keledang. Sudah pernah coba?

Indonesia bisa dibilang surga untuk penggemar buah karena ada banyak buah eksotis, unik, dan khas di sini. Jenisnya tak hanya durian, rambutan, dan manggis, tapi juga berbagai buah lain yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

Nama deretan buah ini bisa jadi asing bagi pencinta buah. Sebut saja buah merah, buah bisbul, dan buah keledang. Ternyata buah-buahan ini dapat ditemukan di Indonesia.


Buah unik asli Indonesia ini punya tampilan tak biasa, sekaligus rasa yang patut dicoba. Mengutip Instagram GoodNews From Indonesia, @gnfi (15/9/2024), inilah 7 buah unik asli Indonesia yang patut kamu coba:

1. Buah merah

Foto: Wikimedia

Dari tanah Papua, ada buah merah atau kuansu yang populer. Buah ini banyak tumbuh di daerah Papua pegunungan. Biasanya buah merah dimakan langsung atau diolah dengan cara direbus atau dipanggang.

Buah merah juga bisa dimanfaatkan lebih lanjut. Niji dan daging buah merah yang ditumbuk bisa dicampur air, lalu disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan. Lalu minyak ekstrak buah merah juga bisa dipakai sebagai penyedap makanan dan pewarna alami.

Mengutip Alodokter, konsumsi buah merah bermanfaat untuk kesehatan. Sebab buah merah mengandung antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin.

2. Buah matoa

Foto: istimewa

Buah unik asli Indonesia selanjutnya, buah matoa yang banyak ditemukan di Papua Barat. Buah dengan nama latin Pometia pinnata ini satu keluarga dengan buah leci dan kelengkeng.

Konon pohon buah ini hanya berbuah sekali setiap tahun. Buah matoa terbagi dalam dua jenis yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Rasanya unik karena seperti paduan rambutan, kelengkeng, dan leci.

Mengonsumsi buah matoa bisa membawa manfaat sehat karena tinggi vitamin C dan vitamin E. Khasiatnya antara lain menjaga kesehatan jantung, menambah energi, hingga membuat kulit sehat, seperti diungkap Halodoc.

3. Buah bisbul

Foto: iStock

Buah bisbul merupakan khas Bogor. Nama lainnya adalah buah mentega, kamagong, tabang, dan velvet apple. Buah bisbul punya bentuk mirip kesemek dengan aroma yang khas mirip keju.

Uniknya, buah bisbul punya daging buah berwarna agak putih, keras, dan agak kering. Buah dengan cita rasa manis ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi rujak.

Buah bisbul kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, mineral, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsinya berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, dan menghaluskan kulit.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version