Minggu, September 29

Jakarta

Memilih makanan dengan nutrisi tepat adalah kunci sukses diet. Bagi penggemar buah, disarankan untuk konsumsi buah berikut ini karena kaya serat dan air.

Buah tergolong bahan makanan sehat yang bagus dikonsumsi saat diet. Namun, hindari buah tinggi lemak dan gula karena konsumsinya dapat menghambat penurunan berat badan.

Sebaliknya, pilih buah yang kaya serat dan air sehingga bantu cepat kenyang tanpa membuat pelaku diet mengonsumsi banyak kalori. Pilih juga buah yang mengandung vitamin penting untuk kesehatan tubuh.


Buah paling bagus dijadikan alternatif camilan sehat, dibanding pelaku diet ngemil keripik, pastry, kue, atau makanan manis lain. Lantas, apa saja jenis buah terbaik untuk diet?

Berikut 7 daftarnya seperti dirangkum dari Eat This, Not That! (25/9/2024):

1. Semangka

Posisi teratas buah terbaik untuk diet adalah semangka. Dalam tiap cangkir semangka yang sudah dipotong, kalorinya sekitar 45,6 kkal. Ini karena semangka sebagian besar mengandung air.

Selain rendah kalori, makan semangka juga bagus untuk menghidrasi tubuh, terlebih saat cuaca sedang panas. Semangka juga memasok tubuh dengan vitamin A, B6, dan C. Sifatnya juga rendah gula. Lalu ada kandungan likopen yang merupakan antioksidan alami.

2. Stroberi

Foto: iStock

Kabar baik untuk pencinta stroberi, buah favoritnya juga bagus untuk diet. Dalam tiap cangkir stroberi potong mengandung sekitar 48,6 kkal, 3 gram serat, dan 7,4 gram gula.

Bonus lainnya, stroberi kaya antioksidan, vitamin, dan mineral sehingga bagus dijadikan bagian menu diet. Kandungan vitamin C-nya juga dapat diandalkan.

3. Melon cantaloupe

Selintas mirip melon, tapi daging buahnya oranye, inilah melon cantaloupe yang terkenal dengan rasa manis segarnya. Dalam tiap 1 cangkir melon cantaloupe potongan kotak-kotak, mengandung 54,4 kkal. Seratnya 1,4 gram dan gula 12,6 gram.

Nutrisi buah manis lembut ini adalah penuh antioksidan dan nutrisi penting seperti vitamin C dan potassium. Faktanya, satu cangkir melon cantaloupe menyediakan hampir 60% dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

4. Melon honeydew

Foto: Getty Images/bhofack2

Selain melon cantaloupe, melon honeydew juga bagus dimakan saat diet. Kandungan kalorinya 61,2 kkal untuk tiap cangkir melon honeydew yang sudah dipotong. Buah ini mengandung 1,4 gram serat dan 13,8 gram gula.

Selain dimakan langsung, melon honeydew populer dijadikan racikan salad buah. Memakannya bikin puas karena rasanya manis dan bikin kenyang. Selain itu, makan melon honeydew dapat menyediakan hampir 30% dari asupan vitamin C harian. Fungsinya bagus untuk imunitas tubuh, kesehatan jantung, dan mata.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version